Jumat 17 Mar 2017 07:24 WIB

Jumlah Pengangguran di Sukabumi 6.000 Orang

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pengangguran di AS (ilustrasi)
Pengangguran di AS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Jumlah pengangguran di Kabupaten Sukabumi disebutkan sekitar 6.000-an orang. Angka tersebut akan bertambah besar seiring dengan kelulusan pelajar tingkat SMK maupun SMA yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

"Data yang kami himpun jumlah pengangguran masih tersisa sekitar 6.060 orang,’’ ujar Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi Tatang Arifin kepada Republika.co.id Jumat (17/3).

Angka pengangguran tersebut bersumber dari jumlah pencari kerja yang membuat kartu kuning atau kartu pencari kerja di Disnakertrans. Tatang menerangkan, jumlah pembuat kartu kuning tersebut dikurangi dengan angka penyerapan tenaga kerja di sepanjang 2016 lalu.

Pada tahun lalu jumlah pencari kerja yang terdaftar mencapai sebanyak 20.076 orang. Sementara angka penyerapan tenaga kerja hanya mencapai 14.016 orang yang ditempatkan di sejumlah perusahaan yang ada di Sukabumi maupun luar daerah.

Sehingga, lanjut dia, masih tersisa sebanyak 6.060 orang pencari kerja yang belum tersalurkan terdiri atas 9.891 orang laki-laki dan 10.185 orang perempuan. Jumlah itu, kata dia, belum ditambah dengan pencari kerja yang membuat kartu kuning pada Januari dan Februari 2017 lalu.

Dalam dua bulan tersebut tercatat sebanyak 2.772 orang pencari kerja. Rinciannya, sebanyak 1.376 berjenis kelamin laki-laki dan sisanya sebanyak 1.396 orang. Diakui Tatang, data pengangguran yang berasal dari Disnakertrans ini berbeda dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Jumlah pengangguran di Kabupaten Sukabumi berdasarkan data BPS mencapai sekitar 84 ribu orang.

Penghitungan tersebut, lanjut dia, didasarkan sejumlah parameter yang berbeda. Pada 2017 ini, kata Tatang, pemkab menargetkan penyerapan tenaga kerja hingga 15 ribu orang. Jumlah tersebut sambung dia optimistis tercapai.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Ade Mulyadi menambahkan, masih banyaknya angka pengangguran di Sukabumi dikarenakan sejumlah faktor. Misalnya jumlah penduduk warga Sukabumi yang cukup besar mencapai sekitar 2,4 juta jiwa.

"Namun, kami setiap tahun berupaya menekan angka pengangguran dengan beberapa program,’’ kata Ade.

Di antaranya program pelatihan bagi para pencari kerja yang sudah dilakukan sejak awal tahun lalu. Pelatihan tersebut rencananya akan melibatkan peserta hingga 6.000 orang yang dibagi ke dalam beberapa angkatan.

Ade menuturkan, jenis pelatihan yang diberikan mulai dari keahlian bidang las, sablon, pengolahan hasil pertanian, dan lain sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement