REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Branding pariwisata Indonesia 'Wonderful Indonesia' atau 'Pesona Indonesia' kembali meraih The Best Exhibitor 2017 di Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin, Jerman. Ini adalah acara pameran pariwisata terbesar di dunia.
"Wonderful Indonesia sukses mempertahankan gelar sebagai The Best Exhibitor 2017 di ITB Berlin yang diumumkan 12 Maret 2017 pukul 02.30 WIB," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Senin (13/3).
Indonesia kembali mengungguli pesaing dekatnya, 'Imagine' Korea Selatan di posisi kedua dan 'Amazing' Thailand di posisi ketiga. Arief mengatakan dirinya sudah menduga Indonesia akan kembali memenangkan ajang ini. "Semua kriteria sudah dikalibrasi supaya berstandar global," katanya.
Arief mengatakan dirinya melihat langsung kriteria secara detail. Ia juga melakukan perbandingan dengan paviliun negara lain . Tujuannya menghidupkan suasana booth Indonesia selama pelaksanaan ITB Berlin, 8-12 Maret 2017.
Ajang ini pada 2015 membukukan transaksi potensial Rp 4,2 triliun. Angka ini naik menjadi Rp 6,5 triliun dan ditargetkan Rp 10 triliun tahun ini. Arief mengatakan tahun depan Indonesia menargetkan capaian 'Best of the Best,' yaitu menjadi juara di lima benua.