Ahad 12 Mar 2017 15:36 WIB

DPD RI Dukung TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Sebagai Pahlawan Nasional

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Maman Sudiaman
TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid
Foto: nw.or.id
TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah berupaya agar Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional. Anggota DPD asal NTB Farouk Muhammad mendukung upaya Pemprov NTB tersebut.

Sebagai tindaklanjutnya, Farouk akan membicarakan hal itu dengan panitia lokal untuk membawa dokumen ke tingkat nasional. Bahkan dirinya juga bersedia bertindak sebagai prakarsa pada tingkat nasional.

''Saya justru terlambat mendengar kabar ini. Pada haul Nahdaltul Wathan (NW) tahun lalu saya hadir dan memberi kata sambutan tetapi belum terdengar hal tersebut. Ini suatu gagasan yang bagus sekali,'' ucap Farouk, Ahad (12/3).

TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid juga merupakan pendiri NW, dan berperan dalam melawan penjajah. Beliau adalah ulama pewaris para nabi yang sangat berjasa dalam mengubah masyarakat NTB dari keyakinan semula yang mayoritas animisme, dan dinamisme menuju masyarakat NTB yang Islami.

Buah perjuangan beliau juga yang menjadikan Pulau Lombok sehingga dijuluki Pulau Seribu Masjid. Karena di seluruh kampung di Lombok pasti ditemukan masjid untuk tempat ibadah dan acara sosial, baik yang berukuran kecil maupun besar.

Baca juga: Mengalir, Dukungan Gelar Pahlawan Nasional untuk TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement