Rabu 08 Mar 2017 13:21 WIB

Bandung Kirimkan Siswa Ikuti Perkemahan Pramuka Madrasah

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Pramuka
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung mengirimkan puluhan pramuka untuk Perkemahan Pramuka Madrasah Provinsi Jawa Barat 2017. Menurut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Bandung, Acep Nurlaleli, ia mengirimkan perwakilan ke event tersebut dalam rangka pembinaan gerakan pramuka madrasah.

Tujuannya, untuk menjadi kader pemimpin pembangunan, baik di lingkungan gerakan pramuka, madrasah maupun di lingkungan masyarakat. ‬Menurut Acep, PPMP (Perkemahan Pramuka Madrasah Provinsj) Jawa Barat 2017 adalah kegiatan yang sarat dengan rekreasi edukatif di alam terbuka.

Bentuknya, berupa perkemahan besar dan lomba bagi pramuka penggalang dan pramuka penegak sebagai sarana pembinaan pramuka. Namun, menitikberatkan pada pengembangan diri peserta. Yakni, terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupum sebagai anggota masyarakat.

‬"Kegiatan tersebut dilakukan dengan membekali anggota pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan potensial serta selaras dengan kebutuhan generasi muda saat ini," katanya.

‬Acep mengatakan, kegiatan ini pun merupakan bentuk persiapan seleksi peserta kontingen Provinsi Jabar untuk berpartisipasi dalam kegiatan perkemahan pramuka madrasah nasional lll (tingkat pramuka penegak/madrasah aliyah). Serta, perkemahan pramuka madrasah nasional lV (tingkat pramuka penggalang / madrasah tsanawiyah).

‬Acep mengatakan, tema kegiatan pramuka ini yakni 'kreatif, terampil dan berkarakter'. Waktu pelasanaannya, 7-9 maret 2017 di Bumi Perkemahan Kiara Payung Kabupaten Sumedang. Jumlah kontingen 38 orang terdiri dari, 1 sangga penegak putera, 1 sangga penegak puteri, 1 regu penegak putera, 1 regu penegak putri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement