Selasa 07 Mar 2017 18:56 WIB

Ganjar: DKI Minta Pasokan untuk Gudang Pangan

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Fernan Rahadi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan) menyapa warga saat meninjau TPS 01 di Desa Kembangbaru, Brebes, Jawa Tengah, Rabu (15/2).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan) menyapa warga saat meninjau TPS 01 di Desa Kembangbaru, Brebes, Jawa Tengah, Rabu (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rencana pembangunan gudang pangan DKI di Jawa Tengah (Jateng) masih berlanjut. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyampaikan ada beberapa komoditas pokok yang diminta Pemprov DKI untuk disediakan di gudang pangan ke depannya.

Komoditas tersebut di antaranya meliputi bawang merah, cabai, hingga sapi. "Ya mereka yang minta. Karena posisi mereka sebagai konsumen toh," kata Ganjar saat ditemui di Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FEB) UGM, Selasa (7/3).

Khusus permintaan pemenuhan kebutuhan sapi, menurutnya, berasal dari pengajuan proposal warga. Sebab selama ini, sapi di DKI banyak dipasok dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Menanggapi proposal tersebut, peternak di Jateng pun meminta adanya kuota sapi untuk dibawa ke DKI Jakarta.

Sementara itu, gudang pangan DKI sendiri belum tentu akan dibangun di Jateng. Ganjar mengemukakan, Wakil Gubernur DKI, Djarot Saeful Hidayat sebenarnya menawarkan agar gudang tersebut dibangun di Jakarta atau di Jateng. 

"Pak Djarot bilang gedungnya bisa dibangun di Jakarta atau di daerah. Sehingga nanti tinggal memperbaiki sistem transportasinya saja," katanya. Hal tersebut tentunya akan dikaji lebih lanjut untuk menentukan di mana gudang pangan DKI akan dibangun.

Rencana pembangunan gudang pangan DKI sendiri mencuat belum lama ini. Bahkan untuk mendiskusikan rencana tersebut dengan lebih serius, Djarot dikabarkan sempat mengunjungi Ganjar di Semarang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement