Senin 06 Mar 2017 07:00 WIB

Jumlah Turis Asing ke Biak Meningkat

Sejumlah wanita di Biak memperlihatkan hasil koleksi batu akik.
Foto: Antara/Muhsidin
Sejumlah wanita di Biak memperlihatkan hasil koleksi batu akik.

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Jumlah kunjungan turis mancanegara ke Kabupaten Biak Numfor, Papua mengalami peningkatan dari tahun 2015 sebanyak 1.779 orang menjadi 3.399 wisatawan di 2016.

Pelaksana Tugas Sekda Biak Numfor Enias Rumbewas di Biak, Senin mengatakan salah satu daya tarik wisatawan adalah tempat peninggalan sejarah perang dunia, keindahan alam laut Pulau Biak serta keanekaragaman budaya masyarakat adat Biak melalui Festival Biak Munara Wampasi.

Ribuan wisatawan mancanegara ke Biak pada 2016. Menurut data Dinas Pariwisata mereka berasal dari Jepang, Belanda, Australia, Cina dan Eropa.

Sementara untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Biak juga mengalami lonjakan dari 28 ribu wisatawan naik menjadi 30 ribuan orang di tahun 2016.

"Pemkab Biak Numfor optimistis di 2017 ini arus kunjungan wisatawan ke Biak Numfor akan mengalami peningkatan dalam upaya menjadikan Biak sebagai destinasi wisata," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Turbey O Dangeubun mengatakan Pemkab Biak Numfor pada 2017 akan mengelar Festival Biak Munara Wampasi sebagai even pariwisata tahunan pariwisata daerah.

"Untuk pengelolaan Festival Biak Munara Wampasi, kami akan melibatkan mitra penyelanggara festival, ya ini kami akan membuka penawaran lelang dalam waktu dekat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement