Senin 27 Feb 2017 21:45 WIB

Raja Salman akan Disuguhi Makanan Khas Indonesia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham
Raja Salman bin Abudulaziz Alsaud
Foto: AP
Raja Salman bin Abudulaziz Alsaud

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, direncanakan akan mengunjungi Indonesia pada 1-9 Maret, mendatang. Pemerintah Indonesia pun telah melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan Raja Salman, salah satunya dengan memberikan suguhan makanan khas Indonesia.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Darmansyah Djumala menyampaikan, berbagai macam buah-buahan lokal khas Indonesia akan dihidangkan khusus untuk Raja Salman. Berbagai macam buah-buahan tersebut akan diperkenalkan kepada sang Raja pada saat jamuan makan siang. 

"Buah-buahan. Buah-buahan akan kita istilahnya dipamerkan di meja itu. Jadi termasuk dekor buah-buahan dan untuk dinikmati oleh Raja juga," kata Darmansyah di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/2). 

Selain buah-buahan, masakan khas Indonesia dan Timur Tengah juga akan disajikan. Seperti makanan olahan hasil laut serta masakan khas Timur Tengah, yakni nasi kebuli. Sebagai hidangan ringan, berbagai macam makanan ringan juga akan dihidangkan. 

"Indonesia-nya kemungkinan kita ikan, seafood ya yang dibakar. Kemudian ada panganan-panganan ringan, desert Indonesia," ujarnya. 

Menurut Darmansyah, Sang Raja hanya meminta agar makanan yang disajikan berupa makanan sehat yang terdiri dari sayur-sayuran serta buah-buahan. Sedangkan untuk hiburan Raja Salman dan rombongan, beberapa tarian juga akan ditampilkan. 

"Tariannya ada tarian dari, kan dia Arab, yang dekat dengan Arab itu Aceh dan Melayu. Jadi Aceh, Melayu. (Tari) Zapin sama, katanya medley ada, tari Saman, sama Darussalam namanya," kata Darmansyah. 

Dalam kunjungan Raja Salman ke Indonesia, hampir 1.500 orang ikut dalam rombongan. Di antaranya 10 menteri dan 25 pangeran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement