Kamis 16 Feb 2017 13:40 WIB

BPBD Medan Edukasi Pelajar Hadapi Bencana

Gempa Bumi
Gempa Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menggelar simulasi untuk memberikan edukasi kepada para pelajar cara menghadapi gempa bumi.

Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring mengatakan, pihaknya berkewajiban memberikan edukasi masyarakat tata cara untuk menghadapi bencana alam sehingga tidak panik saat bencana benar-benar terjadi nantinya.

Dengan pemahaman yang didapat tersebut, korban jiwa diharapkan akan dapat diminimalisasi saat terjadinya bencana, karena masyarakat sudah lebih paham melakukan berbagai tindakan penyelamatan diri.

"Saat terjadinya gempa, jangan panik. Itulah salah satu materi yang kita tanamkan kepada masyarakat jika terjadi bencana alam terutama gempa bumi," katanya di Medan, Kamis (16/2).

Atas dasar itu pula, pihaknya hari ini melakukan simulasi di Yayasan Pendidikan Siti Hajar Medan, demi memberikan pemahaman kepada para siswa terutama siswa SD dan TK dalam upaya menyelamatkan diri saat terjadinya gempa.

Simulasi tersebut merupakan bagian edukasi mitigasi bencana untuk mengurangi korban jiwa dan kesiapsiagaan sekolah menghadapi bencana gempa bumi.

Apalagi memang belakangan ini gempa cukup sering terjadi di Indonesia khususnya Sumatera Utara yang tentunya masyarakat sangat dituntut untuk benar-benar paham menyikapi dan menghadapi.

Jika terjadi gempa bumi, mereka diimbau tidak panik. Sebaliknya mereka harus segera menyelamatkan diri ke tanah lapang, namun jika sedang berada di ruangan, segera berlindung di bawah kursi atau meja. Saat berlari, lindungi kepala dengan benda-benda yang sekira aman, seperti tas atau buku. 

"Ternyata siswa cukup antusias untuk ingin tahu cara dan sikap saat bencana terjadi. Kita tentunya sangat mengapresiasi karena dengan demikian ke depan mereka juga bisa menularkan pengetahuan itu kepada yang lainnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement