Selasa 14 Feb 2017 23:21 WIB

8.200 Warga Baduy akan Gunakan Hak Suara

Warga Baduy di TPS
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Warga Baduy di TPS

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Sebanyak 8.200 warga Baduy yang masuk dalam daftar pemilih tetap akan menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah Banten pada 15 Februari 2017.

"Kami yakin partisipasi warga Baduy untuk menggunakan hak pilih cukup tinggi dan terbukti pada Pilpres 2014 mencapai 90 persen," kata Komisioner KPU Kabupaten Lebak Cedin Rosyad Nurdin, di Lebak, Selasa (14/2).

Pelaksanaan pilkada di kawasan permukiman Baduy tersebar di 12 tempat pemungutan suara (TPS) dan dipastikan berlangsung aman, lancar, dan tertib. Masyarakat Baduy cukup tinggi untuk partisipasi menggunakan hak pilih pada Pilkada Banten.

Pengalaman pesta demokrasi tahun-tahun sebelumnya partisipasi warga Baduy menggunakan hak pilihnya mencapai 90 persen dari jumlah DPT. Oleh karena itu, pihaknya optimistis tingkat partisipasi warga Baduy pada Pilkada Banten 2017 relatif tinggi dan bisa mencapai sekitar 90 persen.

Sebab, pada simulasi yang digelar oleh KPU Lebak terealisasi sekitar 90 persen warga Baduy mendatangi lokasi TPS. "Saya kira warga Baduy memiliki tanggung jawab untuk memilih pemimpin Gubernur Banten karena merupakan pesta demokrasi lima tahunan itu," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus menyosialisasikan mengenai Pilkada Banten di kawasan masyarakat adat Baduy. Selain itu, kata dia, juga menggelar simulasi untuk meminimalisasi kesalahan dalam menggunakan hak pilih di TPS.

"Kami minta warga Baduy tidak golput dan mereka mencoblos hak suara di TPS dengan benar memilih gambar dan angka," katanya menjelaskan.

Ia menyebutkan jumlah warga Baduy yang masuk DPT pada Pilkada Banten tercatat 8.200 jiwa tersebar di 12 TPS. "Kami berharap tingkat kesalahan warga Baduy pada pencoblosan hak pilih di TPS relatif kecil," katanya.

Tetua Adat yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Djaro Saija mengatakan bahwa masyarakat Baduy siap melaksanakan Pilkada Banten untuk memilih pemimpin baru.

Ia berharap pemimpin baru yang terpilih itu nanti bisa membangun Banten menjadi lebih baik dan mensejahterakan masyarakat. Saija mengimbau seluruh masyarakat Baduy Luar dan Baduy Dalam akan menyukseskan Pilkada Banten. "Kami siap melaksanakan Pilkada dan warga Baduy sudah mengetahui cara-cara untuk menggunakan hak pilihnya di 12 TPS," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement