Selasa 14 Feb 2017 10:52 WIB

Jateng Diprakirakan Hujan Lebat Disertai Angin Petir

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Indira Rezkisari
Hujan petir (ilustrasi)
Foto: AP
Hujan petir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Masyarakat diimbau untuk merwaspadai hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, yang berpotensi terjadi di wilayah pegunungan tengah Provinsi Jawa Tengah bagian Barat.

Berdasarkan prakiraan cuaca Stasiun Meterologi Ahmad Yani Semarang, hujan lebat disertai petir atau angin kencang ini berpotensi terjadi pada siang Hari hingga menjelang (awal) malam, pada Selasa (14/2) ini.

Berdasarkan kondisi cuaca yang dirilis stasiun ini, prakiraan cuaca di wilayah Jawa Tengah pada umumnya pada hari ini, masih berpotensi terhadap terjadinya hujan ringan dan umumnya berawan, pada pagi hari. Sementara pada siang hingga sore hari, cuaca pada umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Rembang, Purworejo, Pati, Kudus, Kebumen, Jepara, Demak, Cilacap dan Blora.

Sedangkan potensi hujan sedang diperkirakan akan turun di Ambarawa dan sekitarnya, Wonosobo, Wonogiri, Ungaran Temanggung , Surakarta, Sukoharjo, Sragen, Semarang, Salatiga, Pekalongan, Mungkid Magelang, Klaten, Kendal, Karanganyar, Kajen, Brebes, Boyolali, Batang dan dan Banjarnegara.

“Sementara hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Bumiayu, Majenang, Slawi dan Purwokerto,” kata prakirawan Stasiun Meterologi Kelas II Ahmad Yani, Syifa’ul Fuad di Semarang.

Pada malam hari, cuaca umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan di berbagai wilayah, seperti Wonogiri, Surakarta, Sukoharjo, Rembang, Rembang, Pati, Kudus, Kebumen, Jepara, Demak, Cilacap dan Blora. Pada malam hhari, potensi hujan sedang bisa terjadi di wilayah Ambarawa, Bumiayu, Majenang, Wonosobo, Ungaran, Temanggung, Sragen, Semarang, Salatiga,  Purworejo, Purwokerto dan  Purwodadi.

Selain itu juga wilayah Purbalingga,  Pekalongan, Mungkid Magelang, Kudus,  Klaten, Kendal,  Kebumen, Kajen, Demak,  Cilacap Blora, Batang dan Banjarnegara. “Sementara potensi hujan lebat pada malam hari berada di wilayah egal, Slawi, Pemalang dan Brebes,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, untuk wilayah pegunungan bagian tengah suhu udara hari ini akan mencapai kisaran 21-29 derajat celcius, kelembapan udara  berkisar 75-95 persen, angin dari barat akan bertiup 0,8 hingga 30 kilometer per jam. Sementara untuk wilayah Pantura Jawa Tengah suhu udara berkisar 25 hingga 32 derajat celcius, kelembapan udara berkisar 65 hingga 95 persen dan angin bertiup dari barat dengan kecepatan 0,8  hingga 30 kilometer per jam.

Sedangkan untuk wilayah Pantai Selatan (Pansela) Jawa Tengah suhu udara akan berkisar 25  hingga 32 derajat celcius, kelembapan udara  berkisar 65 hingga 95 persen serta angin bertiup dari barat dengan kecepatan 0,8 hingga 30 kilometer per jam.

“Terkait prakiraan cuaca ini, masyarakat harus mewaspadai peringtan dini potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah pegunungan tengah, Jawa Tengah bagian barat pada siang hari hingga awal malam,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement