Senin 13 Feb 2017 21:13 WIB

BMKG Peringatkan Waspada Hujan Lebat Saat Malam

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nur Aini
Hujan lebat (ilustrasi)
Foto: AP/Rodrigo Abd
Hujan lebat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan saat malam hari selama puncak musim penghujan.

"Peningkatan kewaspadaan selama puncak musim hujan saat malam hari. (Puncak musim penghujan) sampai akhir Februari," kata Kepala Sub-Bidang Informasi BMKG, Harry Tirto Djatmiko kepada Republika.co.id, Senin (13/2).

Ia menjabarkan, ciri puncak musim hujan, yakni intensitas hujan lebih sering. Hujan akan turun saat malam hingga pagi hari. Menurutnya, kewaspadaan harus ditingkatkan apabila intensitas hujan lebat terjadi lebih dari lima jam khususnya di daerah dataran rendah, dataran tinggi, dan cekungan.

BMKG merilis prospek cuaca pada 14 Februari hingga 20 Februari 2017. Berdasarkan data BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua. Sementara itu, BMKG mendeteksi sembilan titik panas di Pulau Sumatra pukul 16.00 WIB. Masing-masing, dua titik di Nanggro Aceh Darusalam, dua di Sumatra Utara, satu di Bengkulu, dan empat di Riau.

BMKG memprakirakan cuaca pada 14-17 Februari 2017 di daerah Sumatra umumnya berawan – hujan ringan. Berpotensi hujan sedang – lebat di Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Meski musim hujan, titik panas di Riau masih terdeteksi. "Titik panas yang terdeteksi di Riau menyebar di tiga titik," ujar Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin.

Titik panas di Riau yang terdeteksi yakni, satu di Palalawan, dua di Rohil dan satu di Meranti. Dari empat titik panas yang terpantau, Sugarin menyebut satu titik panas di Meranti mempunyai tingkat kepercayaan 70 persen.

Sugarin menuturkan, pada umumnya cuaca di wilayah Riau yakni cerah-berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang, terjadi di wilayah Riau bagian Barat, tengah dan pesisir timur pada siang atau malam hari. n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement