Senin 13 Feb 2017 13:19 WIB

Depok Kini Punya Rumah Sakit Hewan Gratis

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kucing sakit (ilustrasi).
Foto: STRAITS TIMES
Kucing sakit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kini bila anda memiliki hewan kesayangan yang sakit, Anda hanya perlu membawanya ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang berlokasi di Jalan Raya Pengasinan Sawangan Depok untuk diperiksa dan diobati secara cuma-cuma. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Dede Zuraida mengatakan Depok kini memiliki pelayanan Puskeswan gratis.

"Pelayanan di Puskeswan itu mulai dari konsultasi kesehatan hewan, pemeriksaan, pengobatan, sterilisasi, vaksinasi, hingga inseminasi atau proses pembuahan buatan," ujar Dede, Senin (13/2).

Bukan hanya itu, Dede menambahkan, para dokter hewan juga menerima panggilan kunjungan apabila ada peternak yang ingin memeriksa ataupun memberi vaksin ternakannya. "Tim kami juga aktif mengunjungi hewan ternak seperti sapi dan kambing untuk diperiksa kesehatannya atau diberi vaksin," kata dia.

Kepala UPTD Puskeswan Aresa Setiawati menjelaskan, pelayanan gratis saat ini belum bisa melayani pemeriksaan laboratorium, rawat inap, USG dan rontgen. "Untuk pemeriksaan laboraturium, rawat inap, USG dan rontgen belum bisa. Tapi nanti kami akan berikan rujukan ke klinik yang sudah menjadi mitra kami," kata Aresa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement