Sabtu 04 Feb 2017 13:00 WIB

Pesan Emil pada PKL di Teras Cihampelas

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Ani Nursalikah
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau kios pedagang kaki lima (PKL) di Skywalk Cihampelas, Kota Bandung, Kamis (2/2).
Foto: Mahmud Muhyidin
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau kios pedagang kaki lima (PKL) di Skywalk Cihampelas, Kota Bandung, Kamis (2/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Skywalk yang diberi nama Teras Cihampelas diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Sabtu (4/2). Jalur pejalan kaki di atas Jalan Cihampelas ini menampung 192 pedagang yang ditempatkan di kios.

Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan sejumlah pesan kepada pedagang yang telah dipindahkan dari pinggir jalan. Pertama, peningkatan kualitas produk yang dijualnya.

"Kita titip ke PKL, titip produknya makin lama harus berkualitas. Makin kita tingkatkan supaya makin bagus," kata pria yang akrab disapa Emil.

Selain itu, Emil juga berpesan agar mengedepankan santun dalam melayani pelanggan sesuai dengan ciri khas masyarakat Sunda yang ramah. Apalagi, Cihampelas menjadi salah satu titik kunjungan favorit wisatawan yang datang ke Kota Bandung, terutama untuk berbelanja aneka produk dan suvenir.

"Setiap hari Rabu dan Ahad mereka akan berpakaian Sunda. Ini unik bagian dari komitmen Rebo Nyunda, tapi di weekend juga pakai karena banyak ketemu warga luar jadi tetap nyunda," ujarnya.

Baca: Emil Resmikan Teras Cihampelas, Skywalk Pertama di Indonesia

Ia juga meminta peran pedagang menjaga kebersihan dan kenyamanan Teras Cihampelas. Emil juga menempatkan petugas Bandung Resik untuk menjaga kebersihan skywalk pertama di Indonesia tersebut.

Teras Cihampelas ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas mushala yang memadai. Ia mengimbau pedagang yang ada tidak lupa beribadah di tengah aktivitas berjualan. "Jadi pedagang saya titip kalau azan gantian shalat supaya rezekinya berkah," ucapnya.

Ia menambahkan saat ini Teras Cihampelas dibagi menjadi tiga zona, yakni kuliner, suvenir, dan zona nyaman untuk bersantai. Ke depannya akan dibuat tempat-tempat berteduh mengantisipasi panas dan hujan.

"Temanya memang outdoor, kalau ada hujan sedikit wajar. Makanya bawa payung. Tapi nanti akan dibikin tempat peneduh secukupnya. Tapi tidak akan ditutup (atapnya). Kalau ditutup apa bedanya dengan shopping mall," ujarnya.

Skywalk sepanjang 450 meter ini dilengkapi dengan delapan tangga dan satu lift. Jalurnya juga dibuat agar bisa digunakan bagi para difabel yang juga ingin bersantai di Teras Cihampelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement