Sabtu 04 Feb 2017 12:20 WIB

Kepercayaan Diri Anak Harus Dipupuk Sejak Dini

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Fery Farhati Anies Baswedan.
Foto: Republika/Irwan Kelana
Fery Farhati Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendidikan sejak dini memang sangat penting untuk membentuk kepercayaan diri anak sejak kecil. Sehingga anak nantinya bisa tumbuh dengan lebih baik.

Istri calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati Baswedan mengatakan, bahwa kepercayaan diri anak tidak terlepas dari rasa yang ditumbuhkan oleh orangtua dalam keluarga.

"Kepercayaan diri adalah tentang rasa yang ditumbuhkan dalam diri seorang anak. Kalau rasa itu positif maka akan tumbuh kepercayaan diri yang positif. Kalau rasa itu negatif, maka sikap negatiflah yang akan diserap oleh anak,” katanya saat menjadi pembicara pada Seminar Pendidikan dengan tema Bagaimana Menumbuhkan Kepercayaan Diri Pada Anak di Eco Park TK Islam Nurul Iman, Pondok Bambu, Jakarta Timur, Sabtu (4/2) pagi.

Alumnus Northern Illinois University itu menyebut, menumbuhkan kepercayaan diri anak yang positif adalah tanggung jawab orangtua. Untuk itu kepentingan anak harus diletakkan diatas keinginan-keinginan personal orangtua.

 "Kalau ibu sedang menumbuhkan kepercayaan diri anak, biarkan anak itu melakukan apa yang diinginkannya. Biarkan dia mengeksplor, puji usahanya dalam melakukan sesuatu, disitulah dirinya merasa diakui dan dicintai,” ujar Ibu dari empat anak ini.

Fery yang juga dikenal sebagai praktisi parenting education itu menjelaskan bahwa kualitas hubungan yang positif antara anak dan orangtua akan berdampak sangat baik pada pertumbuhan dan masa depan anak.

"Ciptakan hubungan yang positif dengan anak. Gunakan perasaan. Beri kasih sayang, sentuh dengan lembut, hargai anak, tunjukkan ibu mencintainya tanpa syarat, beri kesempatan anak untuk mencoba. Dengan demikian, anak akan tumbuh dengan perasaan positif dan tidak takut menghadapi kehidupan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement