Jumat 03 Feb 2017 09:10 WIB

One Day Service Jadi Kabar Baik untuk Calon Pengantin Baru di Depok

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Angga Indrawan
Menikah
Foto: RNW
Menikah

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Kota Depok meluncurkan program One Day Service pengurusan pelayanan bagi para calon pengantin untuk mengurus segala keperluannya. Kemudahan diberikan mulai dari mendaftarkan pernikahan sampai penggantian status di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Program One Day Service akan mempermudah dan mempercepat pelayanan bagi para calon pengantin di KUA. Pokoknya dibuat mudah saja sesuai regulasi, kalau menikah tidak mungkin sehari tetapi kita upayakan secepat mungkin," ujar Kepala Kantor Kemenag Depok, Chalik Mawardi di Depok, Jumat (3/2).

Menurut Chalik, pelayanan KUA saat ini sudah maksimal namun memang belum bisa mengurus pernikahan selama satu hari saja. Namun pihaknya terus mengupayakan adanya peningkatan pelayanan di KUA agar prosesnya bisa lebih cepat dan sesuai program One Day Service tersebut.

"Salah satu rencana yang diambil Kemenag Depok adalah daftar menikah dapat dilakukan via online," terangnya.

Kemudian, lanjut Chalik, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk pengintegrasian data. "Jadi, saat daftar nanti KTP pendaftar ditahan sama KUA. Lalu data mereka akan diintegrasi dengan Dinas kependudukan dan langsung dicetak KTP dengan status baru. Jadi masyarakat tidak perlu mengurus lagi perubahan status baru di KTP mereka. Kami berharap agar program ini berjalan sesuai regulasi dan mampu memberikan pelayanan yang cepat dan maksimal kepada masyarakat," jelasnya.

Kepala Disdukcapil Depok Misbahul Munir mengatakan, ke depannya memang akan diadakan pelaporan secara online dalam pencatatan perkawinan untuk perubahan elemen data kependudukan dalam KK dan KTP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement