Rabu 01 Feb 2017 13:13 WIB

Disebut tak Hormati Ulama, Ini Reaksi Ahok

Rep: Dian Fath Risalah / Red: Angga Indrawan
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berbincang dengan kuasa hukumnya saat menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (24/1).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berbincang dengan kuasa hukumnya saat menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (24/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdakwa kasus dugaan penodaan agama, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok, merespons kabar yang menyebutnya tidak menghormati ulama. Menurut dia, tuduhan terhadap dirinya yang tidak menghormati Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin sangat tidak masuk akal.

"Aduh itu ya, saya pikir itu kacau juga tuh, gini ya politik sama pilkada itu jadi sadis tahu nggak. Ini orang tua, ini Pak Kyai. Rais PBNU lagi. Selama ini kan NU yang paling bela saya," kata Ahok saat kampanye blusukan di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (1/2).

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua itu menjelaskan, sudah semestinya di dalam persidangan setiap saksi yang hadir akan dipanggil dengan sebutan saudara saksi. "Hakim sama pak Jaksa aja di sidang bilang Pak Kyai panggil saudara saksi," kata Ahok.

Mahfud MD: Pernyataan Ahok kepada Kiai Ma'ruf Picu Kemarahan Nahdliyin

PP IPNU: Ahok Lecehkan Simbol NU, Kami tidak Terima

GP Ansor DKI : Ahok Tabuh Genderang Perang dengan NU

Pejawat itu pun menegaskan, selama ini dirinya selalu menghormati ulama besar termasuk Ma'ruf Amin yang juga merupakan Rais PBNU.

"Kalau ketemu Pak Kiai tentu saya hormati, apalagi orang NU lagi. Saya dengan NU dan Muhammadiyah sudah ada hubungan baik. Cuma di sidang panggilnya saudara saksi. Kayak gitu langsung dipelesetin, tidak hormati ulama, tidak hormati kyai," ujarnya. 

Pakar: Ahok Tahu Percakapan Telepon SBY ke KH Ma'ruf Amin dari Mana?

Mahendradatta: Jika Menyadap Ilegal, Ahok dan Timnya Bisa Dipenjara

Pakar: Pasti Ahok Peroleh Rekaman Secara Ilegal

Mantan bupati Belitung Timur itu pun tak habis pikir dengan pernyataan tim jubir pasangan lawannya yang menyebut dirinya telah menghina integritas PBNU.

"Saya lihat tadi pagi sudah adu domba saya lagi. Terus ada lagi tim jubir dari pasangan yang lain sudah bilang saya menghina integritas PBNU. Aduh orang yang bekerja relawan saya itu orang NU lho. Itu relawan Nusantara itu NU di Jakarta yang bantu keliling kampanye," katanya. 

Demokrat Tantang Ahok Buktikan Tudingannya ke SBY

Blunder Ahok Serang Kiai Ma'ruf Amin: Ironi Perayaan 91 Tahun NU

Pakar Hukum: Sikap Ahok di Persidangan Sangat Arogan

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement