Rabu 01 Feb 2017 09:26 WIB

Harga Jengkol di Mesuji Tembus Rp 70 Ribu per Kilogram

Jengkol
Foto: dok Republika
Jengkol

REPUBLIKA.CO.ID, MESUJI -- Harga jengkol di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, meningkat hingga 30 persen dari sebelumnya. Sejumlah pedagang sembako di Pasar Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Rabu, membenarkan harga jual jengkol mengalami kenaikan cukup tajam.

Menurut Siti, salah satu pedagang jengkol setempat, harga komoditas itu biasanya dijual Rp 30-35 ribu per kg, kini naik sekitar 30 persen menjadi Rp 60-70 ribu per kg.

Dia mengakui harga jengkol yang mencapai Rp 70 ribu itu berpengaruh kepada omzet pendapatannya. "Kalau untuk saya tidak terlalu besar dampaknya, paling sekarang saat mahal harganya hanya menjual 10 kg sehari. Dulu saat harga normal, saya bisa jual 50 kg dan habis," kata Siti, Rabu (1/2).

Ia juga memprediksi harga jengkol masih akan terus mengalami kenaikan, mengingat pasokannya ke Pasar Simpang Pematang, Mesuji jumlahnya sedikit. Surani, pedagang jengkol di Mesuji lainnya membenarkan mengalami pula penurunan omzet penjualan yang cukup besar.

Kenaikan harga juga terjadi pada bahan kebutuhan dapur, seperti yang disampaikan oleh Fatimah, salah satu pedagang sayur di pasar tadisional Tanjung Raya, Mesuji.

Menurutnya, harga bawang merah telah naik sejak awal tahun 2017 ini, dari Rp 30 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu per kg. Selain itu, bawang putih harganya juga baik dari Rp 30 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu/kg.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement