Selasa 31 Jan 2017 17:23 WIB

Jabar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kemenhub

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama, Selasa (31/1). Penghargaan ini diberikan di bidang perhubungan darat untuk Kategori Provinsi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menerima Piala Penghargaan yang diserahkan langsung Wakil Presiden  Jusuf Kalla, didampingi Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Piala Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi yang memiliki komitmen untuk membina, membangun, dan meningkatan kinerja dalam bidang perhubungan.

Atas penghargaan ini Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan penghargaan menjadi motivasi sekaligus pemicu untuk terus memperbaiki pelayanan transportasi kepada masyarakat. "Penghargaan yang diraih ini bukan sekedar seremonial saja. Hadirnya pelayanan transportasi yang prima ini penting. Karena transportasi ini sarana penghubung yang mendukung berkembangnya kemajuan ekonomi, sosial, dan juga demokrasi," katanya.

Dalam sambutannya Wapres Jusuf Kalla mengatakan, suatu sistem transportasi dapat diukur dari dua aspek yakni kelancaran dan keamanannya. JK, sapaan akrab Wapres menuturkan kelancaran transportasi dapat ditinjau dari rata-rata kecepatan di jalan raya. Sementara terkait keamanan, sepanjang tahun 2016, JK menyebutkan bahwa pihak Kepolisian mencatat terdapat kurang lebih 100 ribu kasus kecelakaan transportasi, dengan korban meninggal lebih dari 23 ribu jiwa di jalan raya.

"Artinya masih banyak yang harus kita perbaiki dari sisi transportasi. Tentu ini tidak mudah karena setidaknya ada delapan faktor yang mempengaruhi baik buruknya sistem transportasi," kata Wapres JK.

Selain Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terdapat 10 Provinsi lainnya yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2016 yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement