Selasa 31 Jan 2017 07:50 WIB

Purbalingga Kembali Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Hazliansyah
Kabupaten Purbalingga
Foto: .
Kabupaten Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kabupaten Purbalingga kembali meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) atas penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan kategori kota kecil. Penghargaan tersebut, rencananya akan diterima Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, di Merlyn Park Hotel, Jakarta, Selasa (31/1).

"Bupati tidak bisa hadir langsung menerima penghargaan tersebut, karena ada kepentingan lain yang tidak bisa ditinggalkan," jelas Kepala Dinas Perhubungan Yonathan Eko Nugroho, Senin (30/1).

Yonathan menuturkan, diraihnya penghargaan Wahana Tata Nugraha karena Purbalingga dinilai telah baik dalam melakukan tata kelola transportasi di wilayah kota Purbalingga. Aspek yang dinilai meliputi bidang perparkiran, terminal, uji kendaraan, angkutan umum, rambu dan marka, kondisi jalan serta perilaku berlalulintas.

Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat porsi terbesar dalam penilaiannya.

"Ke depan, kita akan mengupayakan penataan transportasi yang lebih  baik. Termasuk pemenuhan marka jalan, perparkiran dan rambu-rambu yang dibutuhkan. Saya ingin semua sekolah memiliki zebra crosss," katanya.

Dia menyebutkan, penghargaan WTN pernah diperoleh Pemkab Purbalingga pada tahun 2015. Namun pada tahun 2016, Purbalingga tidak bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

"Kami juga menyampaikan apresiasi pada masyarakat Purbalingga, karena penghargaan ini tak akan diperoleh tanpa dukukung masyarakat melalui kedisiplinan berlalu lintas," katanya.

Sementara Bupati Purbalingga Tasdi, yang ditemui di kantornya, mengatakan penghargaan WTN bagi Purbalingga telah membuktikan bahwa Purbalingga sebagai kota kecil bisa mendapatkan prestasi nasional. "Ini harus kita jadikan sebagai pengungkit untuk berprestasi lebih baik lagi dimasa mendatang," katanya.

Tasdi mengungkapkan, penghargaan yang diterima merupakan sesuatu yang bisa dijadikan inspirasi. "Kami berharap, penghargaan TWN akan terus memacu semangat untuk membenahi sistem transportasi di Purbalingga agar semakin baik. Demikian juga bidang-bidang pelayanan lainnya," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement