Sabtu 28 Jan 2017 05:35 WIB

Bulan Depan, Panglima TNI Paparkan Rencana Pengadaan Alutsista Baru

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Reiny Dwinanda
 Presiden Joko Widodo melihat Alutsista saat kunjungan di Markas Komando Infanteri Kostrad TNI AD , Cilodong, Jawa Barat, Rabu (16/11).
Foto: Republika/ Wihdan
Presiden Joko Widodo melihat Alutsista saat kunjungan di Markas Komando Infanteri Kostrad TNI AD , Cilodong, Jawa Barat, Rabu (16/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengaku telah mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo terkait rencana pengadaan alat utama sistem senjata (Alutsista) baru di tubuh TNI. Rencananya, pada Februari mendatang, Gatot akan memberikan laporan soal pengadaan Alutsista baru kepada presiden.

Menurut Gatot, saat ini Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) masih menyusun dan merancang perencanaan serta kebutuhan pengadaan Alutsista baru di angkatan masing-masing. Nantinya, tiga kepala staf angkatan akan memberikan perencanaan tersebut kepada panglima TNI.

Selanjutnya, panglima TNI akan melaporkan perencanaan pengadaan Alutsista baru itu langsung kepada presiden. ''Bulan Februari nanti, rencananya saya akan memaparkan pengadaan Alutsista baru. Kita tunggu saja,'' ujar Gatot dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/1).

Baca juga: Panglima TNI Tunggu Hasil Investigasi Pembelian Helikopter AW101

Sorotan terhadap peremajaan dan pengadaan Alutsista baru memang mencuat pasca sejumlah insiden jatuhnya pesawat militer pada sepanjang 2016. Dalam membahas dan melakukan pembelian serta pengadaan Alutsista, TNI harus berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan. 

Sebelumnya, Pemerintah dan DPR memang telah menyepakati besaran anggaran pertahanan untuk 2017, yaitu mencapai 108 triliun rupiah. Angka ini disebut sebagai yang tertinggi dalam 12 tahun terakhir. Porsi anggaran 108 triliun rupiah ini akan dibagi secara proporsional untuk anggaran belanja rutin dan belanja barang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement