Kamis 26 Jan 2017 18:11 WIB

Arsip Sejarah Kota Cimahi akan Didigitalkan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Arsip.
Foto: Republika/ Wihdan
Arsip.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Dinas Komunikasi, Informasi, Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi mengungkapkan arsip sejarah Kota Cimahi yang tersebar di berbagai tempat akan segera dibuat baru dalam bentuk digital dan dibagikan di website. Saat ini pihaknya tengah melakukan penelusuran arsip-arsip yang berada di instansi lain.

"Sejarah yang berhubungan dengan Kota Cimahi masih terdapat di Kab. Bandung, di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapuspida) Jawa Barat," ujar Kepala Seksi Layanan dan Promosi Kearsipan Diskominfoarpus Kota Cimahi, Gunardi, Kamis (26/1).

Menurutnya, sepanjang tahun 2016 pihaknya sudah melakukan penelusuran arsip sejarah yang berhubungan dengan Kota Cimahi di ANRI. Semisal tentang arsip sejarah orang orang terkenal dan bangunan yang pernah dibangun di cimahi.

Ia menuturkan, untuk di Kab. Bandung dan Bapuspida Jawa Barat, berdasarkan penjajakan awal, belum diketahui arsip sejarah apa saja yang berhubungan dengan Kota Cimahi.

Baru tahun ini, dirinya mengatakan  akan menelusuri arsip sejarah Kota Cimahi yang ada di Kab. Bandung dan Bapuspida Jawa Barat sesuai dengan prosedur.  "Pengalihan dan penelusuran arsip sejarah Kota Cimahi yang berada di tempat lain diharapkan bisa rampung sebelum ulang tahun Kota Cimahi bulan Juni mendatang," ungkapnya.

Gunardi mengatakan penelusuran dan akusisi arsip sejarah yang berhubungan dengan Kota Cimahi merupakan agenda rutin pihaknya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement