Rabu 25 Jan 2017 09:08 WIB

'Jalur Tikus' Disebut Lebih Ramai

Rep: Umi Nur Fadilah/ Red: Muhammad Hafil
TKI di Malaysia
TKI di Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah menyebut 'jalur tikus' antara Indonesia dan Malaysia yang biasa digunakan untuk menyelundupkan TKI biasanya lebih ramai daripada jalur yang disediakan negara.

"Jalur ini yang sering kita sebut sebagai 'jalur tikus', lebih ramai dari jalur yang ditetapkan oleh negara," kata dia kepada Republika.co.id, Rabu (25/1).

Anis mengingatkan, secara geografis banyak jalur yang menghubungkan antara Indonesia dan Malaysia, baik laut maupun darat. Menurut dia, hal itu yang merupakan peluang bagaimana mobilitas orang relatif punya banyak pintu.

"Selama ini, jalur itu banyak dimanfaatkan, baik berdagang atau bekerja. Yang bekerja, banyak di antaranya memang mafia yang punya bisnis memasukan orang dengan cara yang tak layak, memperdagangkan," kata Anis.

Namun, ia menyebut, jalur itu menjadi jalur alternatif ihwal bagaimana orang bermigrasi ke Malaysia. Sebab, kata dia, jalur yang disediakan oleh negara tak ada jaminan, seperti, birokrasinya panjang, mahal.

Kemudian, Anis mengatakan, salah satu moda transportasi untuk memasukkan orang, yakni kapal. Namun, kapal itu bukanlah kapal penumpang, tetapi kapal barang atau sayur.

"Kapal itu yang disalahgunakan untuk mengangkut orang masuk ke Malaysia," kata Anis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement