Senin 23 Jan 2017 17:41 WIB

Nama Jokowi Dielukan Saat Bendera Merah Putih Bertuliskan Metallica Berkibar

Personel Metallica saat membentangkan bendera Merah Putih dalam konser pada 2013 lalu.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Personel Metallica saat membentangkan bendera Merah Putih dalam konser pada 2013 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI ikut menyaksikan konser Metallica pada Agustus 2013. Saat itu, bendera merah putih bertuliskan 'Metallica, Solo Indonesia' sempat berkibat di akhir acara.

Nama Jokowi juga sempat dielu-elukan dalam konser grup metal asal Amerika tersebut.  "Jokowi, Jokowi, Jokowi, Jokowi," teriak penonton.

Salah seorang pengunjung Evi, mengaku melihat Joko Widodo saat konser tersebut. Ia berada sekitar tujuh meter dari Jokowi.  Jokowi yang saat itu masih jadi Gubernur terlihat asyik menggoyangkan kepala di setiap lagu Metallica.

"Saya melihat jokowi di tower mixer konser," ujar Evi kepada Republika.co.id, Senin (23/1). 

Jokowi mengenakan baju kemeja putih celana itu. Salah satu yang menemaninya yakni Ganjar Pranowo. 

Sebelumnya, bendera merah putih dengan tulisan Arab di bagian tengah dipersoalkan sejumlah pihak baru-baru ini. Polisi menyebutkan siapa pun yang memperlakukan bendera Indonesia seperti itu maka akan dikenakan hukuman satu tahun penjara.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian mengatakan, Indonesia adalah negara hukum. Jika soal bendera tidak diatur dalam undang-undang (UU) maka akan menjadi masalah moralitas dan masalah sosial.

"Bendera merah putih tidak boleh diperlakukan tidak baik, di antaranya membuat tulisan di bendera itu ada UU yang mungkin di negara lain tidak dilarang tapi di negara kita dilarang ada hukumannya satu tahun," kata Tito di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (18/1).

Baca juga,  Ini Momen Saat Bendera Merah Putih Bertuliskan Metallica Berkibar di Konser.

Namun pembuatan tulisan di bendera merah putih sebetulnya bukanlah yang pertama. Pada Agustus 2016 lalu, grup musik dunia Metallica ikut mengibarkan bendera merah putih yang telah ditambahkan tulisan saat konser di Jakarta.

 

Pengibaran itu berlangsung setelah  grup metal asal AS itu menyanyikan lagu "Seek and Destroy". Setelah bernyanyi, vokalis sempat menyatakan rasa terima kasih atas dukungannya ke seluruh penonton Jakarta yang hadir. "Jakarta apa kabar," ujar seorang personel dalam bahas Indonesia.

Kemudian anggota grup lainnya menambahkan, "Jakarta makasih banyak. Kami akan kembali lagi segera," kata personel lainnya.

Personel grup Metallica itu lantas mengibarkan bendera merah putih, bertuliskan "Metalicca" di bagian merah dan "Solo Indonesia di bagian putih". Mereka berdiri di belakang bendera besar merah putih tersebut sebelum menyelesaikan acara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement