Kamis 12 Jan 2017 22:32 WIB

Gempa 5,2 SR Guncang Bengkulu Selatan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andri Saubani
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter di kawasan selatan Bengkulu, Kamis (12/1) pukul 20.29 WIB. Pusat gempa terjadi di 5.45 lintang selatan dan 102.66 bujur timur, dengan kedalaman 10 kilometer di Samudra Hindia. Dari darat berjarak 123 kilometer barat daya Kabupaten Kaur, Bengkulu atau 131 kilometer barat daya Bengkulu Selatan.

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Sumber gempa berasal dari zona subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia.  "Gempa dirasakan kuat di Kabupaten Kaur selama kurang lebih 2 sampai 4 detik. Masyarakat sempat panik namun tidak berangsur lama. Gempa tidak berpotensi Tsunami," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/1).

Walaupun lokasi gempat berada di selatan Bengkulu, namun ia menginformasikan gempa tidak dirasakan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Ia mengatakan saat ini Badam Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur sedang melakukan pengecekan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement