Jumat 06 Jan 2017 23:05 WIB

Wali Kota Ingin Sungai-Sungai di Solo Ditebari Bibit Ikan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Walikota Solo, FX Hadirudyatmo.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Wakil Walikota Solo, FX Hadirudyatmo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo menggagas penebaran bibit ikan di sejumlah anak sungai di Kota Solo. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menggerakan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, beberapa waktu lalu, ia meminta Kementrian Kelautan dan Perikanan agar dapat mengirimkan bantuan berupa bibit ikan, terutama jenis ikan nila untuk ditebar dan dikembangbiakan di sejumlah titik yang menjadi anak sungai di Kota Solo.

"Kami sudah meminta bibit ikan itu ke KKP, nanti akan ditebar di sungai. Bantuan bisa diajukan tetapi kepada kelompok," tutur Rudyatmo di Balai Kota Solo pada Jum'at (6/1) siang.

Ia mengaku meminta sebanyak 3 juta bibit ikan. Kendati demikian, bantuan bibit ikan tersebut diajukan atas nama sekolah sungai Solo yang secara langsung dipimpin olehnya.

Jika KKP mengabulkan, kata dia, bibit ikan akan ditebar di Sungai Sudiroprajan, Kali Pepe dan Embung Tirtonadi. Bahkan selain ditebar di sungai, jelasnya, separuh bibit ikan juga akan diberikan kepada lembaga pendidikan dan pondok pesantren yang memiliki fasilitas kolam ikan agar bisa dikembang biakan.

Dia berharap dengan pengembang biakan ikan di sungai tersebut menjadi salah satu upaya Pemkot Solo untuk menjaga ekosistem.

Selain itu dia meyakini dapat menjadi salah satu cara untuk mendorong perekonomian masyarakat. Sebab, katanya, kedepannya tempat-tempat yang ditebar bibit ikan itu dapat dijadikan untuk event perlombaan memancing.

"Misalnya saja ada lomba memancing, bisa menggerakan perekonomian masyarakat,"katanya.

Selain meminta bantuan bibit ikan, dia juga berharap KKP dapat memberikan bantuan alat berat berupa eskavator yang memiliki lengan mesin lebih panjang. Dengan begitu, jelasnya dapat dengan leluasa saat mengayunkan keranjang atau buncket saat mengeruk sedimentasi di dasar sungai. Andrian Saputra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement