Jumat 06 Jan 2017 07:36 WIB

Mensos Siap Pertemukan Dua Anak Telantar dengan Ibunya

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Hazliansyah
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi dua anak korban penelantaran yakni Marcel (3 tahun) dan Sony (16) yang kini tinggal di Rumah Singgah Dinas Sosial Kota Tangerang, Kamis.

Seperti diketahui Marcel dan Sony diasuh dan tinggal bersama sang bibi, Desi yang mengalami gangguan jiwa. Ayahnya telah meninggal dunia sejak dua tahun lalu karena sakit. Sementara sang ibu memilih pergi meninggalkan rumah.

Khofifah mengatakan, dalam waktu dekat Kemensos akan memfasilitasi agar Sony dan Marcel bertemu dengan ibunya.

"Tadi saya tanya Sony ingin apa, dia jawab ingin bertemu ibu, lalu saya tanya mau sekolah di asrama atau bagaimana, dia menjawab maunya sekolah lagi dan tinggal bersama ibunya," katanya dalam siaran persnya, Kamis (5/1).

Melihat kondisi Sony dan Marcel, ujarnya, prioritas pengasuhan anak terlantar adalah dikembalikan kepada keluarga mengingat pola kekerabatan di Indonesia masih cukup kental. Jadi diutamakan kembali ke keluarga meskipun pemerintah memiliki rumah atau tempat pengasuhan anak.

Sementara itu untuk mengobati rasa trauma, Kemensos telah menyiapkan tim layanan psikososial. Harapannya baik Sony maupun Marcel tidak mengalami trauma berkepanjangan. Demikian pula jika dibutuhkan fisioterapi bagi Marcel.

"Pada intinya penanganan didasarkan hasil pengkajian psikologis mereka. Jadi penanganan korban sesuai dengan kebutuhan, bukan menerka-nerka atau asal membantu saja," kata Khofifah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement