Selasa 03 Jan 2017 18:40 WIB

Masyarakat Sumut Diimbau Waspadai Banjir dan Longsor

Rep: Issha Harruma/ Red: Andi Nur Aminah
lokasi longsor (ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
lokasi longsor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk mewaspadai cuaca saat ini. BBMKG memprediksi hujan akan turun hingga beberapa hari ke depan.

Kabid Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan Syahnan mengatakan, warga yang tinggal di pinggir sungai harus selalu waspada terhadap hujan yang turun di daerah pegunungan. "Kalau hujan lokal tidak berdampak kenaikan airnya. Namun, jika hujan di hulu sangat berdampak. Karena prediksi kita di daerah gunung masih hujan oleh karena itu warga di bantaran sungai harus selalu waspada dan melihat perubahan air sungai jika hujan di hulu," kata Syahnan, Selasa (3/1).

BBMKG memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan terjadi hingga dua hari ke depan. Selain Medan, Syahnan menyebutkan, hampir seluruh wilayah di Sumut juga diperkirakan mengalami hujan sejak siang hingga sore dengan intensitas sedang. Sementara, pada malam hari, sebagian daerah diperkirakan akan cerah.  "Selain hujan sedang, ada juga hujan ringan seperti di daerah Tarutung dan Pandan," ujar dia.

Syahnan pun mengimbau, warga untuk mewaspadai bencana tanah longsor. Sebagaimana diketahui, longsor terjadi di Jalan Jamin Ginting Km 37-38, Desa Lau Kaban, Sibolangit, Deli Serdang, Senin (2/1) sore. Dua mobil tertimpa material longsor.

"Seperti semalam sore di Deli Serdang, desa Lau Kaban, Sibolangit, longsor akibat hujan yang cukup lama mulai dari siang hinga sore hari. Oleh karena itu masyarakat diminta selalu waspada dengan kondisi cuaca ini," kata Syahnan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement