Ahad 01 Jan 2017 00:07 WIB

Car Free Day Tetap Diadakan Besok

Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di kawasan bundaran Hotel Indonesia Jakarta
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di kawasan bundaran Hotel Indonesia Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menyatakan kegiatan car free day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Ahad 1 Januari 2017 akan tetap diadakan. Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah terkait pembatalan pelaksanaan kegiatan car free night pada malam tahun baru.

"Car free night ditiadakan. Namun, car free day akan tetap diadakan, sama seperti setiap hari Minggu biasanya, mulai dari jam 06.00 sampai 11.00 WIB," kata Andri di Jakarta, Sabtu (31/12).

Karena car free night ditiadakan dan panggung hiburan dipindahkan ke lima wilayah Kota Jakarta, sambung dia, maka tidak ada penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin dan Monas pada malam tahun baru.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan masyarakat tetap dapat melakukan aktivitas olah raga pada saat car free day. Penutupan jalan yang diberlakukan juga masih sama, yakni di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

"Karena tidak ada car free night, artinya lalu lintas di Sudirman-Thamrin tetap berjalan seperti biasa, tidak ada penutupan jalan. Namun pada saat car free day, penutupan jalan akan kembali dilakukan di sepanjang kawasan itu," ungkap Andri.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar kegiatan car free night atau malam bebas kendaraan bermotor mulai dari Bundaran Patung Kuda (Thamrin) hingga Semanggi (Sudirman) pada malam tahun baru dan meniadakan car free day.

Namun, atas dasar beberapa pertimbangan, car free night dibatalkan dan panggung-panggung hiburan dipindahkan ke lima wilayah Kota Jakarta, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Sedangkan, kegiatan car free day akan tetap dilaksanakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement