Kamis 29 Dec 2016 21:05 WIB

Wonosobo Kembangkan Tiga Desa Wisata Lestari

Kabupaten Wonosobo
Foto: wonosobo.blogspot
Kabupaten Wonosobo

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO -- Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jateng mengembangkan tiga desa dengan potensi pariwisata luar biasa, yakni Margolangu, Kumejing, dan Tlogo sebagai percontohan desa wisata lestari pada 2017.

Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Wonosobo Lutfi Amin di Wonosobo, Kamis (29/12), mengatakan program desa wisata lestari bakal beriringan dengan program sahabat taman dan sahabat sanitasi yang telah berjalan hingga akhir 2016.

"Desa Margolangu, Kecamatan Kalibawang, Desa Kumejing Kecamatan Wadaslintang, dan Desa Tlogo Kecamatan Garung bakal menjadi prioritas untuk dikembangkan menjadi desa wisata lestari," ucapnya.

Ia mengatakan dengan program desa wisata lestari tersebut diharapkan geliat perekonomian warga bakal berkembang lebih pesat dan pada akhirnya berimbas positif bagi derajat kesejahteraan mereka.

Menurut dia ketiga desa tersebut dipilih karena potensi yang dimiliki mampu menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung.

Kades Margolangu, Bambang Wahono menuturkan kekayaan desanya sangat beragam. Tidak hanya keindahan panorama saja yang ditawarkan Margolangu, wisatawan juga bakal memperoleh pengalaman berbeda saat berkunjung. "Program desa wisata lestari ini bakal menyentuh sisi kekayaan kuliner khas di Margolangu, dengan tambahan objek warung kemambang sebagai pusat jajan makanan di kawasan wisata," tuturnya.

Konsep masa depan kawasan wisata Margolangu, katanya juga akan dilengkapi kereta gantung dan tangga seribu di Puncak Memean.

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo mengatakan Kumejing yang berbasis Waduk Wadaslintang dan Desa Tlogo yang berada di kawasan Telaga Menjer sarat dengan potensi wisata. Ia mengatakan kekayaan alam di desa-desa tersebut selayaknya dikembangkan menjadi salah satu solusi mengatasi tingginya angka kemiskinan.

"Program desa wisata lestari ini sangat positif karena selaras dengan program 'Sustainable Development Goal's' sebagai kelanjutan dari program 'Millennium Development Goal's'," ujarnya.

Ia menuturkan Pemkab Wonosobo sangat mendukung program pengembangan desa sebagai wujud dari keterlibatan warga masyarakat dalam pembangunan daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement