Selasa 27 Dec 2016 19:34 WIB

PMI Sukabumi Antisipasi Penurunan Stok Labu Darah di Awal Tahun

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas merapikan stok labu darah dari pendonor di kantor PMI
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Petugas merapikan stok labu darah dari pendonor di kantor PMI

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi mengantisipasi berkurangnya stok labu darah di awal tahun mendatang. Caranya dengan menggiatkan donor darah massal pada akhir tahun.

Humas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi Agus Sutisna mengatakan, saat ini stok labu darah masih cukup tersedia. "Awalnya ada sebanyak 800 labu darah, namun kini berkurang menjadi 600 labu," ujar dia kepada Republika.co.id Selasa (27/12).

Stok labu darah tersebut lanjut Agus masih mencukupi hingga pertengahan Januari atau tepatnya 10 Januari 2017 mendatang. Labu darah yang tersedia itu semua golongan darah mulai A, B, O, dan AB. Namun Agus mengkhawatikan stok labu darah di awal tahun nanti mengalami kekurangan atau penurunan. Pasalnya, di awal tahun nanti kegiatan donor darah yang terdaftar baru sedikit.

Oleh karena itu, Agus mengatakan di akhir tahun ini PMI menggiatkan donor darah massal untuk menambah stok labu darah. Misalnya pada Rabu (28/12) nanti digelar donor darah massal di dua titik berbeda salah satunya di kantor Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi.

Targetnya, Agus mengatakan di dua lokasi tersebut minimal bisa diperoleh sebanyak 100 kantong darah. Tambahan labu darah tersebut akan menambah stok labu darah di UTD PMI. Selain memenuhi permintaan dari pasien, Agus menjelaskan, PMI juga memasok labu darah ke bank darah di sejumlah rumah sakit. Salah satunya di RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak.

Namun pada Desember ini pasokan ke bank darah RSUD Sekarwangi mengalami penurunan. Biasanya mencapai sebanyak 150 labu darah menjadi 100 labu darah per bulan. Di sisi lain setiap pekannya, jumlah permintaan labu darah mencapai sekitar 250 hingga 300 labu darah. Permintaan ini bisa terpenuhi bila stok di PMI masih mencukupi.

Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana menambahkan, PMI berharap stok labu darah dapat mengalami penambahan menjelang awal tahun nanti. Kondisi tersebut bisa terwujud jika adanya gerakan donor darah di tengah masyarakat.

Data PMI Sukabumi menyebutkan, dalam satu tahun jumlah kebutuhan labu darah di Sukabumi mencapai sekitar 14.100 labu. Bila dirata-ratakan jumlah kebutuhan per bulannya sebanyak 800 hingga 1.200 kantong darah.

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Ayi Abdullah mengatakan, pelayanan darah di Sukabumi telah diatur melalui peraturan daerah (Perda) tentan Pelayanan Darah. Ketentuan tersebut sudah berlaku sejak awal 2016 lalu. Keberadaan perda ini terang dia, akan semakin memperkuat peran PMI dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas darah di Kabupaten Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement