Senin 26 Dec 2016 20:59 WIB

Tingkat Kunjungan Wisata Gunung Padang Meningkat

Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat
Foto: ROL/Santi Sopia
Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR – Tingkat kunjungan wisatawan ke Situs Gunung Padang di Kecamatan Campaka, Cianjur, Jabar, meningkat selama libur panjang akhir tahun ini. Meskipun, curah hujan yang masih tinggi di wilayah tersebut. Nanang juru kunci Situs Gunung Padang, saat dihubungi Senin (26/12), mengatakan, angka kunjungan sudah mulai meningkat sejak masuknya libur panjang sekolah, natal, dan tahun baru. 

Meskipun angkanya masih dalam hitungan ratusan, namun pihaknya memperkirakan satu pekan kedepan angka kunjungan akan terus meningkat.  “Menjelang natal, angka kunjungan sudah mengalami kenaikan dari 200 orang perhari menjadi 300 orang perhari. Sedangkan hari ini, angka kunjungan didominasi pelajar dan umum, dimana mereka datang mengunakan kendaraan pribadi dan bus," kata Nanang.

Dia menjelaskan, menjelang tahun baru, angka kunjungan akan terus meningkat dari luar kota melihat dari buku pesanan kunjungan yang dimiliki pengelola. "Biasanya yang datang saat libur panjang itu berasal dari Jakarta dan Bandung serta dari wilayah lain se-Indonesia. Beberapa hari lalu ada turis dari Amerika Serikat dan Inggris," katanya, menambahkan.

Seiring meningkatnya angka kunjungan tersebut, tutur dia, geliat ekonomi warga mulai terlihat dengan maraknya warung kopi dan rumah makan. Sejumlah fasilitas pendukung seperti rumah singgah untuk wisatawan luar kota dan luar negeri juga banyak terisi. “Sekarang sudah mulai lengkap, rumah singgah banyak, termasuk restoran yang bernuansa khas Sunda.”

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement