Senin 26 Dec 2016 20:10 WIB

Pengunjung Taman Pintar Naik 300 Persen

Rep: Yulianingsih/ Red: Fernan Rahadi
Taman Pintar Yogyakarta
Foto: WisataYogya
Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pengunjung obyek wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta mengalami peningkatan signifikan selama libur Natal dan Tahun Baru 2017. Peningkatan kunjungan wisata ini bahkan mencapai 300 persen dibandingkan kunjungan wisata di libur akhir pekan biasa.

Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono mengatakan, sejak mulai libur sekolah 18 Desember lalu kunjungan wisatawan ke Taman Pintar Yogyakarta terus meningkat. Kenaikan kunjungan wisatawan semakin terasa mendekati libur natal pada Sabtu (24/12) dan Ahad (25/12) ini. "Rata-rata kunjungan per hari mencapai 10.000 wisatawan, naik 300 persen lebih dibandingkan akhir pekan biasa yang hanya mencapai 3.000 pengunjung dalam sehari," ujarnya, Ahad (25/12).

Menurutnya, tingginya kunjungan wisatawan ke Taman Pintar ini akan berlangsung hingga libur Tahun Baru 1 Januari 2017 mendatang. Dia menargetkan angka kunjungan wisatawan ke obyek wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta hingga akhir Desember 2016 ini mencapai 970.000 wisatawan.

Taman Pintar sendiri, kata Yunianto, membuka wahana baru menjelang libur natal dan tahun baru kali ini. Wahana baru ini adalah wahana permainan yang menyuguhkan petualangan bersama dinosaurus yaitu Dino Adventure. Melalui zona baru tersebut, pengunjung akan diajak berpetualang kembali ke masa lampau yaitu pada zaman dinosaurus untuk melihat dan mengenal beberapa dinosaurus yang diyakini pernah hidup.

Diakuinya, ada enam dinosaurus yang ada di taman tersebut, yaitu Tyranosaurus Rex (T-Rex), Styracosaurus, Parasaurolophus, Allosaurus, Stegosaurus, dan Diplodocus. Seluruh karakter dinosaurus di lokasi petualangan tersebut bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Selama berpetualang, pengunjung menaiki semacam kereta kecil. Zona baru tersebut berada di Gedung Kotak lantai tiga. Sepanjang Desember ini, Taman Pintar juga buka lebih awal 30 menit yaitu dari pukul 09.00 WIB menjadi 08.30 WIB dan layanan tiket dilakukan hingga 16.30 WIB.

Sejumlah inovasi layanan juga dilakukan Taman Pintar untuk memudahkan wisatawan. Inovasi ini antara lain layanan tiket daring atau e-ticket, zona etika lalu lintas dari Yayasan Astra Honda Motor, perluasan Masjid Izul Ilmi dari Bank Permata Syariah, serta perpindahan perpustakaan dan Science Centre.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement