Ahad 25 Dec 2016 12:00 WIB

Rutan Salemba Dipadati Pengunjung

Rutan Salemba, Jakarta
Foto: monitorindonesia.com
Rutan Salemba, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan pengunjung memadati Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta Pusat, pada perayaan Natal, Ahad (25/12). Para pengunjung terlihat tertib antre menunggu giliran untuk bertemu dengan keluarganya yang menjadi tahanan di rutan tersebut. Sebagian besar para pengunjung membawa makanan.

"Kami mau mengunjungi adik di dalam (rutan)," kata seorang pengunjung, Theresia.

Theresia menjelaskan adiknya tersebut, sudah menjadi penghuni rutan selama setahun terakhir akibat kasus narkoba. "Tahun depan habis masa tahanannya," lanjut dia.

Antrean pengunjung di Rutan Salemba terlihat membludak. Hingga pukul 09.30 WIB, antrean pengunjung sudah mencapai nomor urut 195. Pengunjung tak hanya didominasi pengunjung yang merayakan Natal, namun juga pengunjung dari agama lain.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Salemba, Satriyo Waluyo, mengatakan pada perayaan Natal tahun ini pihaknya memberikan remisi atau pengurangan hukuman kepada 88 penghuni tahanan. "Pengurangan hukuman itu bervariasi, mulai 15 hari, satu bulan, satu bulan 15 hari, hingga dua bulan," kata Satriyo.

Satriyo menambahkan, remisi khusus Natal diberikan kepada narapidana beragama Kristen dan Katolik yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, antara lain telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), dan aktif mengikuti program pembinaan rutan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement