Sabtu 24 Dec 2016 20:31 WIB

Harga Kebutuhan Pokok di Depok Tetap Stabil Jelang Pergantian Tahun

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Didi Purwadi
bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional
Foto: Musiron/Republika
bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Saat libur Natal dan Tahun Baru, bahan kebutuhan pokok maupun barang pendukung lainnya, seperti gas elpiji cenderung stoknya aman dan tak begitu mengalami lonjakan harga. Hal itu terungkap saat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok melakukan sidak ke pasar-pasar di Kota Depok.

"Tidak menjadi masalah, stok kebutuhan pokok aman dan hingga saat ini, harga kebutuhan pokok masih mengalami harga yang stabil, meskipun ada beberapa diantaranya mengalami kenaikan," ujar Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Depok, Supomo, di Depok, Sabtu (24/12).

Supomo menjelaskan bahwa kenaikan harga kebutuhan bergantung pada pola pembelian konsumen, khususnya di momen hari besar keagamaan atau tahun baru. Para pedagang umumnya akan menaikkan harga jika ada peningkatan pembelian. Kepala Bidang Perdagangan mengimbau sebaiknya konsumen membatasi dengan membeli sesuai dengan kebutuhan.

Saat Natal dan Tahun Baru untuk harga cabai rawit berkisar Rp 63.800. Selanjutnya, untuk bawang putih Rp 64.200 dan bawang merah Rp 34.800. Sedangkan harga daging berada pada harga Rp 115.000 hingga Rp 120.000.

Untuk itu, ia juga menegaskan agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan harga kebutuhan pokok saat libur Natal dan Tahun baru. Jika ada kenaikan, harga yang diberikan tidak terlalu signifikan. "Masyarakat harus tetap tenang, pasokan kebutuhan pokok hingga akhir tahun aman, jika ada kenaikan tidak akan melonjak dari harga normal,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement