Sabtu 24 Dec 2016 18:17 WIB

Hujan Lebat Diprakirakan Terjadi di Hari Natal

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Didi Purwadi
Foto suasana Ibu Kota Jakarta yang diguyur hujan.
Foto: Antara
Foto suasana Ibu Kota Jakarta yang diguyur hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Potensi hujan lebat di malam Natal akan terjadi di beberapa tempat. Seperti informasi terbaru yang dilansir oleh Badan Metrologi dan Geofisika, Sabtu (24/12).

Potensi hujan lebat akan dirasakan di daerah-daerah diataranya di bagian pulau Sumatera seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, hingga ke bagian Indonesia Tengah seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Utara dan Barat serta Sulawesi Tengah.

Kawasan-kawasan tersebut juga diprediksi akan mengalami hujan lebat disertai petir. Sedangkan di kawasan pulau Jawa, cuaca buruk disertai angin kencang diprediksi masih akan terjadi hingga peringatan Natal besok.

Untuk potensi gelombang tinggi akibat cuaca buruk, BMKG memprediksi masih akan berlangsung di beberapa tempat yakni di Kepulauan Riau, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, BMKG telah memberikan himbauan dalam periode tiga hari kedepan perlu diwaspadai potensi angin kencang, Potensi hujan sedang hingga lebat dan gelombang laut dengan ketinggian 2.5 - 4.0 meter dapat terjadi di beberapa wilayah.

Hal tersebut diakibatkan oleh Dua Siklon Tropis (TC) terbentuk di dekat wilayah Indonesia, yaitu TC YVETTE dan TC NOCK-TEN. TC YVETTE tumbuh di Samudera Hindia Sebelah Selatan Jawa, pada posisi 14.1 BT, 114.2 LS, tepatnya pada jarak sekitar 653 km dari Denpasar pada Rabu (21/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement