Jumat 23 Dec 2016 17:39 WIB

Polda Sumut Lakukan Sterilisasi Gereja Saat Natal dan Tahun Baru

Rep: Issha Harruma/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas kepolisian melakukan pengamanan di gereja
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Petugas kepolisian melakukan pengamanan di gereja

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Untuk menjaga kenyamanan masyarakat Kota Medan saat beribadah pada perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang, Polda Sumut akan melakukan sterilisasi terhadap gereja-gereja. Tindakan ini akan dilakukan di gereja-gereja yang menjadi prioritas.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, ada beberapa gereja di Medan yang menjadi prioritas pengamanan dan penjagaan saat Natal dan Tahun Baru 2017. Gereja-gereja tersebut, yakni Gereja Kathedral di Jalan Pemuda, Gereja GPIB Imanuel di Jalan Diponegoro dan Gereja HKBP di Jalan Sudirman.

"Sebelum jemaat masuk ke tempat ibadah dilakukan sterilisasi dulu terhadap lokasi. Kemudian pada saat jemaat memasuki tempat ibadah, dilakukan pemeriksaan terhadap tas dan barang bawaan," kata Rina, Jumat (23/12).

Rina mengatakan, sterilisasi memang akan dilakukan terhadap gereja yang menjadi prioritas jajaran Polda Sumut. Namun, pengamanan tetap akan dilakukan di setiap gereja yang akan digunakan sebagai tempat ibadah. "Untuk gereja yang jemaatnya banyak akan diturunkan tim untuk melakukan sterilisasi," ujar dia.

Menurut Rina, sterilisasi yang dilakukan tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tindakan sterilisasi ini akan dilakukan oleh tim penjinak bom Polda Sumut. Tim akan melakukan pemeriksaan di ruang ibadah dan halaman gereja.

"Besok akan dilakukan peningkatan pengamanan pada gereja-gereja yang melaksanakan ibadah," kata Rina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement