Kamis 22 Dec 2016 11:40 WIB

Jokowi Tegaskan Pentingnya Peran Perempuan

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya peran ibu dan perempuan bagi upaya pembangunan bangsa Indonesia. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri acara peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 di Pelataran Masjid Agung Kompleks Pemerintah Daerah Banten, Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Kota Serang, Banten, Kamis (22/12).

"Indonesia yang kita cintai bisa menjadi seperti sekarang karena adanya peran ibu, peran perempuan semuanya," kata Presiden.

Ia menambahkan, peran perempuan sangat besar agar Indonesia bisa mencapai potensi maksimalnya. Bahkan Presiden menegaskan, Indonesia adalah negara dengan menteri perempuan terbanyak di dunia yakni 9 orang, disusul oleh Uni Emirat Arab dengan 8 menteri perempuan.

Menteri PPPA Yohana Yambise pada kesempatan itu mengatakan, jumlah perempuan mencapai 80 persen penduduk di Indonesia, sehingga kesetaraan perempuan dan laki-laki sangat relevan untuk ditegakkan untuk mewujudkan keinginan kuat Nawa Cita.

"Kekuatan besar ini diharapkan menjadi agent of change di berbagai bidang dan mengantar Indonesia menjadi bangsa besar, adil, dan makmur," katanya.

Selama ini perempuan dan anak menjadi kelompok masyarakat yang rentan sebagai korban ekploitasi dan perilaku diskriminasi. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh stakeholder untuk melakukan aksi bersama demi menjamin perlindungan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement