Kamis 15 Dec 2016 17:21 WIB

Libur Akhir Tahun ASDP Bakauheni Siapkan 30 Unit Kapal Ro-ro

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Angga Indrawan
Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
Foto: Antara/Kristian Ali
Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Menghadapi musim liburan sekolah dan akhir tahun, sejumlah armada perhubungan sedang bersiap melayani penumpang. Salah satunya, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (IF) Cabang Bakauheni menyiapkan kapal fery 30 unit.

ASDP Bakauheni telah mengantisipasi kepadatan penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung) ke Merak (Banten), mulai dari kantong parkir, dermaga, dan kapal penyeberangan ferry atau roll on roll off (ro-ro). “Kita siapkan 30 unit,” kata Manajer Operasional PT ASDP-IF Bakauheni Yefri Hendri.

Pada hari-hari biasa, ASDP mengoperasikan kapal roro berkisar 27-28 unit dengan trip perjalanan kapal Bakauheni – Merak di bawah 100 trip. Pada akhir tahun ini, diperkirakan ASDP akan mengoperasikan trip kapal mencapai 120 trip setiap hari.

Selain itu, pihaknya akan mengantisipasi keterlambatan waktu sandar dengan mempercepat jadwal sandar kapal dari 60 menit menjadi 45 menit. Hal tersebut juga bergantung dengan kondisi cuaca.

ASDP mengoperasikan semua dermaga yang berjumlah enam buah. Selain itu, loket pembelian tiket penumpang pejalan kaki dan kendaraan dibuka 12 loket. Menurut Yefri, pihaknya akan melihat situasi jika jumlah penumpang dan kendaraan meningkat dan memadat, ASDP akan membuka loket di luar pelabuhan untuk menghidari kemacetan dan penumpukkan penumpang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement