Senin 12 Dec 2016 13:36 WIB

Pariwisata Jadi Prioritas Pembangunan Jabar

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
 Warga yang tengah berlibur Hari Raya Idul Fitri mengunjungi kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung,  Sabtu (9/7).  (foto : Mahmud Muhyidin)
Warga yang tengah berlibur Hari Raya Idul Fitri mengunjungi kawasan wisata Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/7). (foto : Mahmud Muhyidin)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus meningkatkan pembangunan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Untuk saat ini, sektor pariwisata akan menjadi prioritas dalam pembangunan Jabar.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat membuka Pameran Usaha Pariwisata dan Pergelaran Seni Budaya Jawa Barat, bertempat di Taman Hutan Raya Juanda Bandung, akhir pekan lalu.

Heryawan mengatakan, pariwisata saat ini menjadi andalan meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat Jabar. Dari dampak yang paling mikro, hampir bisa dipastikan bahwa pendapatan masyarakat suatu daerah betambah ketika pariwisatanya maju.

Pada saat yang sama kata Aher, dunia pada tekanan perekonomian saat ini, ditambah perlambatan perkonomian yang terjadi. Sektor pariwisata justru stabil, atau malah terjadi peningkatan potensi.

"Kita yang dianugerahi berbagai keunikan, baik keragaman seni budaya, ataupun keindahan alam ataupun keunikan lainnya, menjadi modal untuk kebangkitan peekonomian di masa depan," kata Aher.

Oleh karenanya, membangun kesadaran masyarakat atas pentingnya kemajuan sektor pariwisata ini perlu ditingkatkan. Masyarakat tentu menjadi faktor utama membangun, mengembangkan, terutama dalam mempromosikan daerah berpotensi wisata.

Paling tidak, dari mulut ke mulut masyarakat dapat menjadi marketing bagi produk, atau kawasan wisata. Aher menambahkan, masyarakat pun bisa menjaga potensi wisata dengan langkah yang paling mudah, yakni, tidak membuang sampah sembarangan.

"Bukti bersyukur kita kepada Allah SWT, bagian dari syukur, kita lestarikan alam ini. Kita bersyukur atas keanekaragaman budaya, cultur diversity. Tanda syukur kita mengembangkan dan mempekenalkan daerah kepada masyarakat ramai, sehingga pada saat yang sama juga bedampak pada perekonomian masyarakat, pada kesejahtaan masyarakat," kata Aher.

Oleh karenanya Aher meyakini bahwa pariwisata merupakan prioritas pembangunan kedepan, yang dapat menopang Jawa Barat menjadi Provinsi yang maju. Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan Pameran Pariwisata ini, yakni mempromosikan produk dan potensi wisata di Jawa Barat, dengan tujuan memperkenalkan dan meningkatkan citra produk pariwisata Jabar untuk dikembangkan supaya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement