Ahad 11 Dec 2016 15:57 WIB

10 Kepala Daerah akan Bahas Tol Bocimi-Cianjur-Bandung

Red: Nur Aini
Pekerja menggunakan eskavator menyelesaikan proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Kawasan Rancamaya, Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/11).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pekerja menggunakan eskavator menyelesaikan proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Kawasan Rancamaya, Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/11).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Sebanyak 10 kepala daerah di Jawa Barat akan melakukan pembahasan percepatan pembangunan jalan tol pada kegiatan Sukabumi Summit 2016 di Kota Sukabumi pada 14-15 Desember 2016.

"Kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, seluruh anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sukabumi, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dan intansi terkait lainnya," kata Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Hanafie Zein di Sukabumi, Ahad (11/12).

Adapun 10 kepala daerah yang akan menghadiri Sukabumi Summit 2016 tersebut yakni Wali Kota Sukabumi selaku tuan rumah, Wali Kota Bandung, Cimahi, Bogor dan Depok. Kemudian Bupati Sukabumi, Cianjur, Bandung, Bandung Barat, dan Bogor.

Menurutnya, agenda utama Sukabumi Summit adalah membahas dan mencari solusi terbaik, sekaligus menandatangani deklarasi untuk mendorong percepatan pembangunan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) hingga Cianjur dan Bandung. Diharapkan dengan duduk bersama, para kepala daerah tersebut dapat membuat sebuah komitmen untuk mendorong percepatan pembangunan jalan tol tersebut.

Apabila 10 kepala daerah sepakat, Pemkot Sukabumi yakin pemerintah pusat akan memperhatikan dan merealisasikan pembangunan jalan tol yang sudah menjadi mimpi warga Sukabumi sejak puluhan tahun lalu.

Hanafie mengatakan upaya mendorong percepatan pembangunan jalan tol Bocimi-Cianjur-Bandung, juga sesuai keinginan dan program Presiden RI Joko Widodo yang tengah fokus menangani masalah infrastruktur.

Selain itu, pada saat meninjau pembangunan jalan tol Bocimi beberapa waktu lalu, Presiden berharap agar pada 2018 pembangunan jalan tol Bocimi ini sudah sampai ke Sukabumi. "Yang paling penting bagi Pemkota Sukabumi pembangunan jalan tol dapat segera terwujud selain karena sudah diidamkan sejak lama, juga merupakan solusi utama untuk mengatasi kemacetan di wilayah Sukabumi serta percepatan pertumbuhan ekonomi," kata Hanafie.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement