Ahad 11 Dec 2016 15:56 WIB

Jalan Kota Bogor Dipadati Kendaraan

Ratusan kendaraan trerjebak kemacetan panjang di kawasan Empang, Kota Bogor (ilustrasi).
Foto: Antara
Ratusan kendaraan trerjebak kemacetan panjang di kawasan Empang, Kota Bogor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepadatan arus lalu lintas terjadi di sejumlah ruas jalan Kota Bogor, Jawa Barat, pada libur panjang akhir pekan, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepadatan terjadi di sejumlah titik seperti di Jalan Cilendek menuju Jl Doktor Semeru di Kecamatan Bogor Barat, Jl KH Abdullah Bin Nuh menuju Sholis Iskandar di Kecamatan Tanah Sareal, perlambatan arus di Jl Pajajaran dari Tugu Narkoba menuju Warung Jambu, Kecamatan Bogor Utara, Ahad (11/12).

Perlambatan arus juga terjadi dari Jl Jalak Harupat menuju lampu merah pintu III Kebun Raya Bogot, dari RS PMI menuju Tugu Kujang, dari kelaur Tol Jagorawi menuju Terminal Baranangsiang, dari Baranangsiang menuju Ekalokasari, dan sebaliknya, dari Ekalokasari menuju Terminal Baranangsiang.

Kasat Lantas Polres Bogor Kota, Polda Jawa Barat AKP Bramastyo Priadji menyebutkan, sejak pagi beberapa kegiatan sudah memadati arus lalu lintas di Kota Bogor. "Kebetulan hari ini ada banyak kegiatan, selain ada car free day juga ada beberapa kegiatan seperti sepeda santai dalam rangka Hari Jaung Kartika, Karnaval Fruit Indonesia 2016," katanya.

Ia mengatakan, dari pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB arus lalu lintas cukup padat terutama di seputar Kebun Raya Bogor, dan imbasnya ke jalan-jalan arteri seperti Jl Sudirman, Jl Kapten Muslihat, Jl Empang, Jl Paledang, dan jalan utama lainnya. "Setelah kegiatan karnaval selesai, situasi arus lalu lintas sudah mulai mencair, kita melakukan upaya-upaya seperti rekayasa lalu lintas," katanya.

Rekayasa lalu lintas diberlakukan di beberapa titik yang menjadi pusat kepadatan seperti penutupan jalur putar di Jl Pajajaran depan Polsek Bogor Timur. Kendaraan dari arah Jagorawi bila ingin berputar ke Masjid Raya, dialihkan berputar di depan Bale Binarum.

"Jalur Pajajaran memang cukup padat, dari Baranangsiang menuju Ekalokasari, juga sebaliknya dari Ekalokasi menuju Baranangsiang, kita alihkan untuk mengurai kemacetan," katanya.

Menurutnya, kepadatan di Jl Pajajaran menuju Ekalokasari karena adanya pengalihan kendaraan yang hendak ke Puncak, karena terjadi kemacetan, banyak yang beralih menggunakan jalur alternatif Tajur. "Antrean masuk gerbang tol sampai satu kilometer," katanya.

Ia mengatakan, situasi arus lalu lintas libur panjang kali ini normal seperti akhir pekan biasanya. Hanya saja dikarenakan ada beberapa kegiatan, membuat arus lalu lintas mengalami kepadatan pada jam dan titik-titik tertentu. Beberapa lokasi yang mengalami kepadatan di antaranya, Jl Pajajaran dari Jagorawi menuju Otista, Baranangsiang menuju Ekalokasari, dari Ekalokasari menuju Baranangsiang, Sukasari, Bogor Baru menuju McDonald, dari Warung Jambu menuju jalan layang Kedung Halang, dan Jl Sholis Iskandar menuju Abdulah Bin Nuh.

"Libur panjang ini kami mengerahkan 90 personel Satlantas, dibantu 60 personel dari jajaran Polsek dan 50 anggota Shabara," kata Bramastyo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement