Ahad 11 Dec 2016 07:53 WIB

Zumi Zola Ikut Bersihkan Sungai Dipenuhi Sampah

Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Gubernur Jambi Zumi Zola ikut membersihkan Sungai Tembuku, Kota Jambi yang dipenuhi tumpukan sampah. Ia khawatir sampah akan memperhambat jalur air sehingga menyebabkan banjir di daerah itu.

Aksi gotong royong di Sungai Tembuku Sijenjang, diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi melalui Bidang Sumber Daya Air bekerja sama dengan Komunitas Peduli Sungai Kota Jambi. Saat meninjau Zola mendapati sungai disesaki sampah, terutama di pintu air dan bawah jembatan baik sampah plastik, kaleng, botol dan sampah lainnya.

"Sudah sama-sama kita saksikan, sangat banyak sampah di sungai ini, dan sampah itu bukan kemarin, tetapi mungkin sudah berbulan-bulan. Sungai harus kita bersihkan," katanya di lokasi, Sabtu (10/12).

Menurutnya, sejarah dan peradaban Provinsi Jambi tidak bisa dilepaskan dari sungai karena sungai bermanfaat sangat besar bagi masyarakat dan bisa memberikan penghidupan serta digunakan sebagai jalur transportasi. Sebab itu, dia mengimbau seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk menjaga dan melestarikan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menjaga kebersihan sungai.

"Jangan jadikan sungai sebagai tempat sampah, semua pihak harus berhenti membuang sampah di sungai. Jangan sampai sungai tidak bisa digunakan lagi. Ini tantangan bagi kita," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement