Sabtu 10 Dec 2016 14:21 WIB

Bantu Korban Gempa Aceh, Pupuk Indonesia Salurkan Bantuan

PT Pupuk Indonesia
Foto: Antara
PT Pupuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) Grup memberikan bantuan kepada korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh ini, PT Pupuk Indonesia Grup menyalurkan bantuan sembako, dana, dan bantuan infrastuktur senilai Rp 2 milar.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengatakan, selain bantuan dana, sembako, dan kebutuhan lainnya bagi para korban gempa, bantuan juga dalam bentuk peralatan untuk perbaikan infrastruktur, seperti beberapa unitexcavator dan bahan bangunan, dan air bersih untuk pengungsi  serta pendirian posko.

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kami kepada saudara-saudara kita yang ditimpa musibah gempa. Apalagi, kami memiliki anak perusahaan PT Pupuk Iskandar Muda yang berlokasi di Lhokseumawe, sehingga kami dapat segera membantu,” kata Aas dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, hari ini

Bantuan yang telah disalurkan antara lain sembako,bahan makanan, dan obat-obatan senilai Rp 910 juta. Adapun bentuk bantuan yang disalurkan, berupa uang tunai sebesar Rp 500 juta untuk Posko Kabupaten Pidie Jaya dan Posko Kecamatan Treinggadeng serta Mereudu masing-masing Rp100 juta dengan penambahan 600 paket sembako dan obat-obatan.

Pada Jumat (9/12) PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kesejumlah posko Korban gempa Pidie Jaya Provinsi Aceh. Penyerahan bantuan tersebut diserahkan Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Achmad Fadhiel.

Agar pemberian bantuan kepada korban bencana gempa tepat sasaran, PT Pupuk Indonesia, melalui anak usahanya PT Pupuk Iskandar Muda di Aceh berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Sementara itu, Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M Soermarno telah menginstruksikan kepada BUMN untuk membantu korban bencana gempa. Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan, melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, BUMN berkomitmen untuksenantiasa hadir untuk negeri.

BUMN akan membantu dan berpartisipasi dalam tanggap darurat terkait bencana gempa di Aceh yang saat ini terjadi, maupun rehabilitasi pascagempa. Rini menjelaskan, bantuan tersebut merupakan realisasi dan wujud kerjanyata dari tagline ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ yang diusung BUMN. “Bantuan BUMN ini kami harapkan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah ditimpa bencana di Aceh,” katanya.

Pupuk Indonesia adalah BUMN Pupuk yang bertanggung jawab mengamankan pasokan pupuk nasional. Saat ini Pupuk Indonesia membawahi 10 anak perusahaan, dimana 5 di antaranya adalah produsen pupuk, yaitu Petrokimia Gresik, Pupuk Kujang, Pupuk Kalimantan Timur, Pupuk Iskandar Muda dan Pupuk Sriwidjaja Palembang.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement