Jumat 09 Dec 2016 17:13 WIB

29 Masjid di Pidie Jaya Ambruk

Foto aerial umat muslim menunaikan Shalat Jumat di Masjid Jamik Quba, Pidie Jaya, NAD, Jumat (9/12).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Foto aerial umat muslim menunaikan Shalat Jumat di Masjid Jamik Quba, Pidie Jaya, NAD, Jumat (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MEUREUDU -- Sebanyak 29 rumah di Kabupaten Pidie Jaya, ambruk akibat guncangan gempa bumi 6,4 Skala Richter (SR). Kepada Dinas Syariat Islam Kabupaten Pidie Jaya Nazir menyebutkan, dari 71 masjid yang tersebar di kabupaten tersebut 29 sembilan diantaranya rusak parah akibat guncangan gempa Rabu pagi.

"Data yang sudah kami kumpulkan saat ini 29 masjid rusak parah dan 28 masjid rusak ringan," sebut Kadis Syariah Islam Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12)

Nazir mengakui, warga yang berdomisili di area masjid yang rusak parah tersebut dini hari (Jumat) akan melaksanakan shalat di halaman masjid dengan menggunakan alas apa adanya.

"Laporan yang saya terima, hari ini sebagian warga akan melaksanakan shalat Jumat di halaman mesjid dengan menggelar sajadah apa adanya, yang penting rukun shalatnya terpenuhi," ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap, bantuan dari pemerintah maupun donasi dari masyarakat secara individu untuk merehabilitasi segera rumah ibadah yang rusak parah itu untuk mempermudah umat melaksanakan ibadah sehari-hari.

"Kita berharap bantuan pemerintah dan swasta secara swadaya untuk membagun kembali masjid yang rusak parah itu," harap Nazir.

Ada pun masjid yang rusak parah tersebut, tersebar di seluruh Kabupaten Pidie Jaya meliputi kecamatan, Meureudu, Meurah Dua, Bandar Dua, Pante Raja Tringgadeng, Samalaga, Alee Glee, dan Jangka Buya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement