Selasa 06 Dec 2016 16:05 WIB

Kereta Api Logistik Hubungkan KEK Sei Mangke-Pelabuhan Belawan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei
Foto: M Syafii/Antara
Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Logistik (Kalog) anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengambil peran dalam program nasional dengan mengoperasikan kereta api kontainer yang akan menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke – Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Layanan KA Kontainer KEK Sei Mangke – Pelabuhan Belawan diujicoba dan diresmikan Senin (5/12) kemarin. Rencananya KA kontainer ini akan beroperasi setiap dua hari sekali dengan stamformasi 15 GD atau setara dengan 30 TEUS.

Direktur Operasi dan Pemasaran Kalog, Sugeng Priyono mengungkapkan pengoperasian KA Barang KEK Sei Mangke – Pelabuhan Belawan yang juga merupakan wujud ekspansi Perusahaan. Ia mengatakan operasi kereta ini bertujuan untuk mengoptimalkan angkutan barang berbasis KA dan juga mendorong pertumbuhan industri di Kawasan KEK Sei Mangke yang diharapkan mampu berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Sugeng melanjutkan bahwa KA Barang relasi KEK Sei Mangke–Pelabuhan Belawan ini juga merupakan bentuk komitmen peningkatan layanan Perusahaan dengan menjadi alternatif moda bagi pelaku usaha untuk memudahkan pergerakan dan distribusi barang hasil produksi KEK Sei Mangke menuju Pelabuhan Belawan.

Sugeng mengatakan angkutan barang berbasis KA menawarkan sejumlah keunggulan seperti kapasitas angkut dan waktu tempuh.

"Kalog optimistis layanan KA Barang relasi KEK Sei Mangke–Pelabuhan Belawan mampu mendorong pengalihan beban jalan raya ke kereta api yang juga akan mengurangi kerusakan jalan dan kemacetan," ujar Sugeng melalui siaran persnya, Selasa (6/12).

Sugeng mengatakan Kalog akan terus berupaya untuk fokus pada peningkatan layanan dan pemetaan peluang dengan prioritas pada konektivitas dan integrasi antara angkutan logistik berbasis kereta api dengan pelabuhan dan kawasan industri.

Sebelumnya Kalog juga telah mengoperasikan kereta api kontainer terintegrasi Pelabuhan Tanjung Priok melalui Jakarta International Container Terminal (JICT) menuju Cikarang Dry Port (CDP) yang juga merupakan program nasional. Sejak beroperasi hingga November 2016, KA Kontainer relasi JICT–CDP telah melayani sekitar 8.000 Teus atau setara dengan 1.000 Teus/bulan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement