Senin 28 Nov 2016 19:15 WIB

Ma'ruf Amin: MUI Merasakan Hal yang Sangat Bahagia

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri), Ketua MUI Ma'ruf Amin (tengah), Ketua Dewan Pembina GNPF-MUI M. Rizieq Shihab seusai memberi keterangan di gedung MUI, Jakarta, Senin (28/11).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri), Ketua MUI Ma'ruf Amin (tengah), Ketua Dewan Pembina GNPF-MUI M. Rizieq Shihab seusai memberi keterangan di gedung MUI, Jakarta, Senin (28/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mabes Polri dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI memutuskan sejumlah kesepakatan dalam Aksi Bela Islam III pada 2 Desember mendatang. Umat Islam yang menggelar aksi damai menyepakati akan menggelar shalat Jumat di Monas.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin menyambut baik kesepakatan antara kedua pihak. “Hari ini MUI merasakan hal yang sangat bahagia. Saya menamakan hari ini adalah hari kasih sayang dan hari saling pengertian. Dan pertemuan ini akan ditindaklanjuti lebih mantap lagi, mudah-mudahan setelah itu juga ada tindak lanjut lagi,” ujar Ma’ruf di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (28/11).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan, aksi disepakati tidak dilakukan di jalan protokol Sudirman-MH Thamrin, tapi di Lapangan Monas. “Akhirnya kita capai kesepakatan di Monas, jam 08.00 sampai jam 13.00 WIB,” kata Tito.

Tito mengatakan, kesepakatan tersebut diambil setelah melalui dialog. Tito menjelaskan, alasan hukum yang tak membolehkan aksi unjuk rasa mengganggu ketertiban umum. “Disepakati aksi dilakukan secara damai. Superdamai,” ujar Tito.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk memastikan keamanan selama berlangsungnya aksi 2 Desember 2016. "Kami akan siapkan tempat di Monas untuk menampung 600 ribu hingga 700 ribu orang. Kalau kurang (lahan), kami siapkan Jalan Medan Merdeka Selatan. Kami akan kerjasama dengan PMI, Satpol PP dan rekan-rekan ormas untuk mengawal aksi ini," ujarnya.

Kesepakatan Aksi Damai 212 di Monas disikapi Ustaz Muhammad Arifin Ilham lewat puisi yang tersebar lewat pesan singkat di kalangan media.

Subhanallah walhamdulillah Aksi Super Damai di Monas. Damai para peserta aksinya, pakaian putih, berwudhu, membawa sajadah. Damai tempatnya di Monas, nyaman untuk menyimak. Damai waktunya dari 07.30 -sholat jumat,” kata Arifin. “Damai suasananya, sejuk, bersih, santun dan beradab. Damai ending-nya, pulang dengan tertib, aman, dan selamat."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement