Rabu 23 Nov 2016 16:05 WIB

Dua Orang Tertimbun Longsor di Desa Cibeureum

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Longsor. Ilustrasi
Foto: Antara
Longsor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Basarnas Bandung mengungkapkan terjadi longsor di lokasi pembuatan Situ Cianjing di Kampung Neglasari RT 03/07 Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Rabu (23/11) sekitar pukul 11.00 WIB. Dua orang dilaporkan tertimbun longsor dalam kejadian itu.

Menurut Koordinator Humas Basarnas Bandung, Joshua dua orang tertimbun itu yakni bernama Ayi (45) dan Wiwin (45).  "Pukul 11.00 di lokasi pembuatan situ, saat itu Wiwin sedang berjualan kopi sementara Ayi sedang minum kopi,  namun tanpa disadari oleh keduanya tiba-tiba terjadi longsor yang mengakibatkan kedua orang warga tersebut tertimbun," ujarnya dihubungi, Rabu (23/11).

Ia menuturkan sekitar pukul 11.45, kedua korban berhasil diangkat oleh para pekerja dan masyarakat setempat dengan menggunakan alat berat. Selanjutnya, Ayi langsung dibawa ke RSUD Ebah Majalaya untuk mendapatkan perawatan. Sementara Wiwin meninggal di lokasi kejadian.

Menurutnya, kejadian longsor tersebut  terjadi di luar dugaan. Bahkan diduga adanya kelalaian dalam pelaksanaan pembuatan Situ. Para pekerjanya dan warga sekitar tidak memperhatikan keamanan serta keselamatan kerja.

"Tanah wilayah Cibeureum merupakan tanah labil karena deretan jalur pergeseran tanah atau jalur merah bencana jika di liat dari kontur tanahnya," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement