Selasa 22 Nov 2016 08:30 WIB

Hendak Setorkan Uang, Petugas SPBU Jadi Korban Pencurian

Rep: Kabul Astuti/ Red: Esthi Maharani
ntrean pembeli BBM (Dede Lukman Hakim)
Foto: Dede Lukman Hakim
ntrean pembeli BBM (Dede Lukman Hakim)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Seorang karyawan SPBU di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjadi korban pencurian dengan kekerasan ketika hendak menyetorkan uang SPBU ke bank. Aksi ini terjadi di Jalan raya Kampung Tenjolaut RT 02/01 Desa Sukakarya, Kec. Sukakarya, Kab. Bekasi pada Senin (21/11) pukul 11.30 WIB.

Korban bernama Emin (55 tahun), warga Kampung Kumejin, Ds Sukaindah, Kec Sukakarya, Kab Bekasi yang juga karyawan SPBU 3417605 Sukaindah. Korban mengalami luka gores akibat terkena sabetan senjata tajam jenis celurit dengan panjang sekitar tiga sentimeter pada lengan kanan.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi, AKP Kunto Bagus Sediyatmoko, mengatakan total kerugian yang diderita korban berupa uang tunai senilai Rp 107.322.550. Polisi mendapati satu buah kantong plastik warna hitam tempat korban menyimpan uang yang terikat di bagian depan sepeda motor dalam keadaan sobek.

"Pelaku diduga berjumlah empat orang laki-laki tidak dikenal. Mereka datang dengan menggunakan dua unit sepeda motor. Masing-masing sepeda motor Suzuki FU warna merah dan sepeda motor Honda Vario warna tidak diketahui," ujar AKP Kunto Bagus, Senin (21/11) malam.

Kejadian ini berawal sekitar pukul 11.00 WIB, ketika korban Emin mendapat tugas dari bendahara SPBU untuk menyetorkan uang pembelian BBM ke Pertamina yang akan ditransfer melalui Bank BRI cabang Sukadarma Sukatani. Kunto mengatakan, uang senilai Rp 107 juta itu dibungkus dalam sebuah kantong plastik warna hitam. Oleh Emin bungkusan uang tersebut digantung di sepeda motornya, kemudian dia berangkat menuju Bank BRI cabang Sukatani.

Pada saat melintas di Jalan Raya Kampung Tenjolaut RT 02/01 Desa Sukakarya, Kec Sukakarya Kab Bekasi, tiba-tiba ada sepeda motor datang dari arah belakang dan langsung memepetnya hingga sepeda motor korban menyerempet mobil yang terparkir di pinggir jalan.

"Korban terjatuh bersama dengan dua orang pelaku yang mengendarai sepeda motor Suzuki, kemudian kedua pelaku kabur ke arah semula," tutur Kunto. Selang sesaat kemudian, datang dua pelaku lainnya yang berboncengan dengan menggunakan sepeda motor jenis Honda Vario, dan salah satu dari mereka langsung meyabetkan senjata tajam jenis clurit ke arah korban.

Kunto menuturkan, sabetan celurit itu mengenai lengan tangan korban sebelah kanan. Dengan cekatan, para pelaku langsung mengambil kantong plastik warna hitam yang berisikan uang tunai setoran SPBU. Mereka lalu kabur ke arah Jalan Raya Cabangbungin Kab Bekasi, searah dengan saat pelaku datang.

Ciri-ciri pelaku dua orang di antaranya berbadan tinggi besar, sedangkan dua lainnya berbadan kurus tinggi menggunakan jaket dan sweater tanpa mengenakan helm. Pelaku membawa senjata tajam jenis clurit. Anggota Polsek Sukatani hingga kini masih melakukan pengejaran dan penyelidikan lebih lanjut terhadap kawanan pelaku tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement