Ahad 20 Nov 2016 12:16 WIB

Anies Dapat Petuah dari Legenda Silat Betawi

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah anak berlatih pencak silat Betawi di Kampung Betawi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Sejumlah anak berlatih pencak silat Betawi di Kampung Betawi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat petuah dari legenda silat Betawi, Kong Haji Maih. Dia meminta Anies tak lupa dengan masyarakat dan mewujudkan janjinya jika terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta.

"Kalau jadi gubernur jangan merem tapi melek," kata dia di rumahnya di Petukangan, Jakarta Selatan, Ahad (20/11).

Kong Haji Maih merupakan legenda salah satu pencak silat asli Betawi, Beksi. Pria berusia 88 tahun itu masih terlihat sehat dan bugar. Bahkan, saat cagub nomor tiga itu datang ke rumahnya, Kong Haji Maih menunjukkan sedikit dari keahliannya pencak silat.

"Nih," katanya saat menyambut kedatangan Anies sembari memeragakan jurus pencak dengan peci dan baju safari yang dikenakannya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu terkagum-kagum dengan kebugaran dan semangat Kong Haji Maih di usianya yang sudah tak muda lagi. Bahkan, Kong Haji mengaku masih ikut berlatih dengan anak-anak muda meski sudah tidak seintensif dulu.

Anies pun meminta doa kepada Kong Haji terkait pencalonannya sebagai gubernur DKI. Ia juga berjanji akan memberi ruang lebih untuk pelestarian kebudayaan Betawi, termasuk pencak silat jika terpilih dalam Pilkada DKI 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement