Jumat 11 Nov 2016 15:40 WIB

JK: Jokowi Sedang Siapkan Aparat Keamanan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wapres Jusuf Kalla (kanan) memimpin Rapat Terbatas membahas anggaran pembangunan Papua di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (8/11).
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wapres Jusuf Kalla (kanan) memimpin Rapat Terbatas membahas anggaran pembangunan Papua di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (8/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke markas dan satuan prajurit TNI dan Polri dalam sepekan ini. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pun menilai kunjungan Jokowi tersebut dilakukan untuk mempersiapkan aparat keamanan menghadapi berbagai situasi tanah air.

Kendati demikian, saat ditanya apakah aksi tersebut terkait dengan upaya kudeta, JK mengaku tak mengetahuinya. "(Kudeta) Saya tidak tahu itu, pasti situasi yang seperti anda juga katakan memanas, itu harus disiapkan aparat keamanan dengan sangat bijaksana," kata JK dalam konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (11/11).

JK pun membantah kunjungan yang dilakukan Jokowi ke markas TNI dan Polri tersebut merupakan bentuk kekhawatiran pemerintah. Menurut dia, kunjungan tersebut merupakan kunjungan yang wajar dilakukan mengingat presiden sebagai panglima tertinggi.

"Beliau persiden kan panglima tertinggi, itu menginspeksi pasukan, kesiapan pasukan ya tentu bahwa presiden ingin melihat itu, sebagai panglima tertinggi," kata JK.

Sementara itu, menurut Presiden Joko Widodo, kunjungan yang dilakukannya ke markas dan satuan-satuan prajurit TNI dan Polri dalam sepekan ini untuk memastikan loyalitas aparat kepada negara.

"Dalam ketatanegaraan kita, saya ingin memastikan semuanya loyal pada negara, setia pada Pancasila, pada UUD, pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada kebhinekaan kita," kata Presiden di Markas Komando Marinir Cilandak, Jakarta, Jumat.

Presiden mengatakan, dengan pertemuan langsung tersebut, dirinya bisa merasakan kesiapan semua prajurit TNI dan Polri dalam menjaga keutuhan NKRI. Sejak Senin (7/11), Jokowi mengunjungi Markas Besar Angkatan Darat di Jakarta Pusat, dilanjutkan pada Selasa (8/11) ke Markas Besar Kepolisian di Jakarta Selatan.

Sedangkan pada Kamis (10/11), presiden mendatangi Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat di Cijantung dan Jumat ini mengunjungi Markas Brimob di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, dan Markas Komando Marinir Cilandak. Presiden mengakui dalam safari kunjungannya tersebut karena sebagai panglima tertinggi TNI belum pernah mengunjungi para prajurit TNI-Polri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement